JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Biar Lebih Kokoh, Zulhas: KIB Masih Butuh Satu Parpol Lagi

Zulkifli Hasan / tempo.co
   

SURABAYA, JOGLOSEMARNEWS.COM Untuk lebih memantabkan eksistensi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, KIB masih berupaya menambah satu lagi Parpol pendukung.

Sebagaimana diketahui, KIB terdiri terbentuk dari tiga partai, yakni Partai Golkar, PAN dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Mudah-mudahan bisa nambah satu lagi, tapi bicaranya masih panjang. Belum final,” kata pria yang akrab disapa Zulhas itu di sela-sela Rapat Kerja Wilayah PAN Jawa Timur di Empire Palace, Jalan Embong Malang, Surabaya, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga :  Pengamat Sebut, Jokowi ke Medan untuk Bantu Menantunya Bobby yang Akan Maju Pilgub 2024

Zulhas menjelaskan, KIB tengah mengajak Partai Demokrat ataupun PKS untuk bergabung. Pembicaraan-pembicaraan ke arah sana, tutur Zulkifli Hasan, sedang dijajaki.

Ihwal kemungkinan KIB berkoalisi dengan PDI Perjuangan, Zulhas berujar bahwa segala kemungkinan masih bisa saja terjadi.

“Dengan siapalah nanti, yang jekas segala kemungkinan masih bisa,” ujar dia.

Zulhas mengatakan, idealnya KIB butuh satu parpol lagi. Ia menganalogikan sebuah meja yang makin kokoh bila kakinya berjumlah empat. Zulhas membantah KIB stagnan, Menurut dia tiga Parpol sedang menggalang konsolidasi kader sampai ke tingkat bawah.

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat

“Justru saya, Pak Harso (Suharso Monoarfa) dan Pak Airlangga Hartarto akan membentuk KIB (tingkat) Jawa Timur pada minggu pertama Agustus ini. Di bawah tanggal 10 lah kita deklarasikan,” ujar Zulhas.

Zulhas menjelaskan KIB sedang merumuskan Indonesia mau dibawa ke mana. KIB, kata Zulhas, telah sepakat bahwa tak ingin bangsa ini terbelah oleh “cebong” dan “kampret” seperti pemilu presiden sebelumnya.

Menurutnya keterbelahan di masyarakat itu hanya menghabiskan energi dan tidak produktif.

“Hawanya pengap, kita tak ingin yang seperti itu terulang Kembali,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com