JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Dewan Profesor UNS Surakarta Gelar Diskusi Terpumpun Penulisan Buku Sejarah UNS 2

Suasana diskusi terpumpun penulisan buku sejarah UNS 2 pada Sabtu (2/7/2022) / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Dewan Profesor UNS Surakarta menggelar  diskusi terpumpun penulisan buku sejarah UNS 2 pada Sabtu  (2/7/2022) di UNS Inn Surakarta.

Acara tersebut menghadirkan Prof Dr Ravik Karsidi, MS (Mantan Rektor UNS) dan Prof Dr Mohammad Furqon Hidayatullah, MPd (Mantan Direktur Pascasarjana UNS dan Kaprodi S3 Ilmu Keolahragaan) dan segenap anggota Dewan Profesor.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Ravik Karsidi membeberkan mengenai sejarah dan periodisasi kampus UNS Surakarta dari tahun 1976 sampai saat ini.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Tahap awal  adalah konsolidasi (1976-1977) yakni penataan dan konsolidasi kelembagaan/organisasi dalam rangka penggabungan Perguruan Tinggi.

“Pada saat itu, UNS masih memanfaatkan Pagelaran Sitihinggil Kraton Surakarta,” terang Prof Ravik.

Lebih lanjut, Ravik menjelaskan mengenai tahapan-tahapan perkembangan Uns Surakarta, mulai dari pembangunaan fisiknya, terbitnya dokumen site plan hingga penerbitan dokumen rencana induk pengembangan dan lain-lain.

Dia menjelaskan, kepemimpinan Prof Kunto Wibisono dapat disebut sebagai Periode Penumbuhan Akademik, disambung dengan kepemimpinan Prof Haris Mudjiman, yang disebut dengan periode Penguatan Akademik.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

“Sedangkan pada kepemimpinan Prof  Mochammad Syamsulhadi dapat disebut periode Penguatan kelembagaan,” beber Prof Furqon, seperti dikutip dalam rilis yang dikirim ke Joglosemarnews.

Furqon menjelaskan, diskusi terpumpun merupakan istilah baru untuk menggantikan istilah Forum Group Discussion (FGD).

Diskusi termpumpun 2  ini fokus untuk meneruskan penelusuran tentang sejarah pertumbuhan dan perkembangan UNS.

Rangkaian kegiatan diskusi terpumpun 2 itu diakhiri dengan foto bersama antara narasumber dan segenap peserta diskusi. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com