JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Ditikam Belasan Kali, Penulis Salman “The Satanic Verses” Rushdie Alami Kerusakan Hati, Saraf di Tangan Terputus

Ilustrasi penikaman. Foto: Ist

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Masih ingat novel “The Satanic Verses” yang sempat menghebohkan dunia pada sekitar 1988 silam?

Salman Rushdie, sang penulis yang kini berusia 73 tahun, terpaksa harus menggunakan ventilator untuk bertahan hidup setelah ditikam belasan kali di leher dan perut saat berada di sebuah panggung di sebuah acara di New York, Jumat (12/8/2022).

Usai kejadian itu, Salman langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani operasi selama beberapa jam.

Agen Salman, Andrew Wylie mengatakan, penulis menggunakan ventilator sejak Jumat malam. Akibat serangan tersebut, Rushdie mengalami kerusakan hati, saraf terputus di lengan dan kemungkinan besar akan kehilangan salah satu mata.

Polisi mengidentifikasi penyerang adalah Hadi Matar (24) dari Fairview, New Jersey.  Dia ditangkap di tempat kejadian dan sedang menunggu dakwaan. Matar lahir satu dekade setelah “The Satanic Verses” diterbitkan.

“Motif serangan itu tidak jelas,” kata polisi negara bagian Mayor Eugene Staniszewski.

Koresponden Associated Press menyaksikan penyerang menghampiri Rushdie di atas panggung saat ia hendak memberikan kuliah umum di Chautauqua Institution.

Menurutnya, penyerang meninju atau menikamnya 10 hingga 15 kali. Penulis didorong sampai jatuh ke lantai, dan pria itu ditangkap.

Dr Martin Haskell, seorang dokter yang termasuk di antara mereka yang bergegas untuk membantu. Ia mengatakan luka Rushdie serius tetapi dapat dipulihkan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com