JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Ini Kiprah Mahasiswa KKN Kelompok 329 UNS di Desa Poko, Pacitan, Berdayakan Potensi Lokal hingga Pencegahan Stunting

Tim mahasiswa KKN Kelompok 329 UNS Surakarta berfoto bersama para siswa peserta pelatihan sembari menunjukkan produk ecoprint hasil karya mereka / Istimewa

PACITAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sekitar 45 hari, sembilan mahasiswa yang tergabung dalam tim KKN Kelompok 329 UNS Surakarta terjun dan terlibat dalam dinamika kehidupan masyarakat di Desa Poko, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan, baik yang masuk program utama maupun program perorangan. Sebagai program utama adalah pelatihan pembuatan virgin coconut oil (VCO) dan Nata de Coco, edukasi stunting dan pernikahan dini, serta praktek pembuatan ecoprint.

Baca Juga :  HMPSA Fakultas Ekonomi Unisri Gelar Diskusi Akuntansi Pasca Pandemi

Sementara untuk program kerja penunjang yang telah terlaksana adalah sosialisasi inovasi kemasan serta digital marketing, sosialisasi hukum dan pembendaharaan, Posyandu remaja, pengajaran daily conversation dan sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Program sosialisasi dan pelatihan pembuatan VCO serta Nata de Coco dilakukan bersamaan pada Rabu (27/7/2022) bertempat di Graha Sasana Klungkung.

Penanggung jawab pelatihan pembuatan Nata de Coco, Iin Ismiliyawati mengatakan prorgram itu ditujukan kepada warga Desa Poko secara keseluruhan, terutama kaum muda dan ibu-ibu.

Baca Juga :  Mantapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah, JSIT Jawa Tengah Gelar Workshop IKM Khas SIT

“Kaum muda diikutkan dalam pelatihan, agar keterampilan tersebut dapat terus berkesinambungan,” ujar Anselma Ika Satyawati, Koordinator pembuatan VCO menambahkan.

Mahasiswa KKN Kelompok 329 UNS tengah memberikan penjelasan kepada peserta pelatihan pembuatan Nata de Coco dan pembuatan VCO / Istimewa

Keduanya melihat, ada potensi yang terbuang begitu saja pada buah kelapa. Selama ini, kelapa di Desa Poko hanya diproses sebatas menjadi koprah saja.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com