JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jumlah Kasus Harian Covid-19 Naik, Namun Masih Aman. Masyarakat Tetap Diimbau Waspada dan Taat Prokes

Dokter Reisa Broto, tim komunikasi publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19. Foto: YouTube BNPB
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Meski hampir di semua wilayah di Indonesia terjadi peningkatan kasus Covid-19, namun lonjakan kasus tersebut masih berada di bawah prediksi.

Meski demikian, masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah maupun dalam kerumunan.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro.

Ia mengatakan, kondisi sekarang memang patut disyukuri, lantaran peningkatan kasus harian masih terkendali dan di bawah angka yang diprediksikan sebelumnya.

“Sebelumnya, Bapak Menkes telah memprediksi lonjakan kasus dapat mencapai 20 ribu per harinya, alhamdulillah puji syukur hingga saat ini jumlah kasus tidak demikian,” ujar Reisa saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga :  Ini Deretan Kontroversi Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Termasuk Kasus Dugaan Asusila

Lebih lanjut Reisa menjelaskan, pada 4 Agustus 2022 terdapat penambahan 6.527 kasus konfirmasi positif di Indonesia, 6.664 orang telah dinyatakan sembuh, dan 14 orang meninggal dunia karena Covid-19.

“Per 4 Agustus 2022 jumlah kasus aktif Covid-19 meningkat 16,95 persen dalam sepekan dan tren kematian absolut meningkat 33,77 persen dibandingkan sepekan sebelumnya dan ini menyebabkan case fatality rate sebesar 2,53 persen,” ujarnya.

 

Terkait mutasi virus corona, Reisa menyebut subvarian baru omicron B.2.75 telah ditemukan di Indonesia sejak 18 Juli 2022. Ia mengatakan, mutasi tersebut merupakan hal alamiah bagi virus.

“Sifat dari virus yang menggunakan tubuh manusia sebagai inang untuk memperbanyak diri, kerap kali menghasilkan kesalahan dalam pengkopian kode genetik. Sehingga seringkali muncul varian atau subvarian baru,” jelas Reisa.

Baca Juga :  Gunung Ruang Meletus 828 Warga Dievakuasi

Reisa mengatakan, munculnya varian dan subvarian tersebut perlu diwaspadai. Kenaikan jumlah kasus positif dan kasus aktif biasanya terjadi dua hingga empat pekan pasca teridentifikasinya varian baru yang muncul.

Dalam semangat kemerdekaan, Reisa mengajak masyarakat tetap waspada dan mampu menilai risiko dalam beraktivitas di lingkungan sekitar dengan mengetatkan protokol kesehatan 3M.

“Kita sudah tahu sebenarnya bagaimana solusi untuk beradaptasi dalam situasi saat ini, sehingga penilaian risiko dalam kehidupan sehari-hari akan menentukan hasil dari upaya kita dalam menjaga kesehatan,” katanya.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com