JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Kalbe Farma Kembangkan Jahe Merah dengan Petani Binaan di Desa Urutsewu, Ampel, Boyolali

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Upaya pengembangan jahe merah sebagai komoditas unggulan terus dikembangkan oleh PT Kalbe Farma Tbk. Melalui anak usahanya, PT Bintang Toedjoe dengan menggandeng mitra usaha petani milenial di Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Boyolali.

Pengembangan program Negeri Jahe Merah  dirancang oleh Business Unit Bintang Toedjoe Inovasi Natural (BINA). Yaitu, dengan cara fokus pada bahan baku natural, untuk mendukung keberlangsungan dan ketersediaan jahe merah terbaik.

Menurut Kepala Komunikasi Eksternal PT Kalbe Farma Tbk, Hari Nugroho, pihaknya mencanangkan jahe sebagai komoditas unggulan Indonesia. Yakni,  program ekosistem jahe merah yang dibangun oleh anak usaha Bintang Toedjoe.
Melalui ekosistem jahe merah,  diharapkan hal itu bisa  mendukung kemandirian bahan baku obat di Indonesia. Khususnya, yang berbasis herbal.

Baca Juga :  Enam Benda Cagar Budaya Lepas Dipindahkan ke Museum R Hamong Wardoyo Boyolali, Ini Alasannya

“Jika Korea punya gingseng, maka Indonesia punya jahe merah,” ujarnya dalam kunjungan ke ladang jahe merah di Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Selasa (9/8/2022)  sore.

Head of BU BINA PT Bintang Toedjoe, Sari Pramadiyanti menambahkan, untuk menghasilkan jahe merah berkualitas harus dipilih sejak pembibitan.

Pihaknya bekerja sama dengan berbagai peneliti untuk menghasilkan benih jahe merah yang terstandarisasi.

Baca Juga :  Rakorwil di Selo, Pengurus Pramuka se-Solo Raya Diajak Wisata ke Bukit Sanjaya

“Serta benih yang konsisten secara genetis. Selain itu, Bina juga menggandeng mitra petani dalam pengembangan komoditas jahe merah.”

Diungkapkan, jahe merah yang dipilih harus menghasilkan zat aktif gingerol dan zingiberene sesuai spesifikasi. Nantinya akan diolah oleh perusahaan menjadi produk Redgine. Sehingga, dalam proses ekstrak atau essential oil jahe merah yang dihasilkan harus dikontrol.

“Sedangkan dari sisi kesehatan, sudah melalui riset dan kajian serta uji klinis.”

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com