JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Menko Muhadjir Effendy: Secara De Facto, Kita Sudah Masuk Fase Endemi

Menko Muhadjir Effendy dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir sedang melakukan sesi wawancara dengan media (10/8/2022) / Foto: Luthfia Nur'il Prameswari

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa sekarang ini, secara de facto bangsa Indonesia sudah memasuki tahap endemi.

“Ya sebetulnya sekarang secara de facto kita ini sudah endemi. Hanya tinggal declare nya saja. Karena declare untuk status endemi itu sangat ditentukan oleh WHO, bukan kita yang berhak menentukan itu,” kata Muhadjir Effendy kepada Joglosemarnews, di sela-sela kunjungannya dalam silaturahum nasional MPKU Muhammadiyah pada Rabu (10/8/2022).

Baca Juga :  Presiden Instruksikan Kendaraan Dinas Beralih Basis Listrik, Gibran Bilang Nanti Dulu

Kondisi endemi tersebut,  menurut Muhadjir, secara fakta lapangan dapat ditunjukkan dengan beberapa contoh, misalnya angka okupasi rumah sakit yang rendah, angka kematian juga relatif relatif kecil.

“Angka kematian Covid-19 saat ini lebih rendah daripada angka kematian kanker per harinya,” lanjut Muhadhjir Effendy.

Namun Muhadjir wanti-wanti, bahwa pernyataannya tersebut bukan berarti mengabaikan Covid-19. Hanya saja, masyarakat tidak perlu terlalu cemas lagi sekarang menghadapi Covid-19, untuk tetap beraktivitasa seperti biasanya.

Baca Juga :  Miris, Hanya Solo dan Sragen Nihil Kasus PNS Terlibat Politik. Kabupaten Lain Banyak..

“Dan situsi saya berharap dampaknya baik, dan aktivitas masyarakat, terutama di bidang ekonomi tetap tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Ia mencontohkan, sekarang pada kwartal kedua tahun 2022 ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia  berada di angka 5,44%. Angka tersebut menurut Muhadjir melebihi ekspektasi.

“Karena ekspektasi kita yang paling optimistik di kwartal kedua tahun 2022 ini hanya 5,02%, tapi kita bisa melompat di angka 5,44%,” beber Muhadjir Effendy.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com