JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Penyuluhan Pengaruh Bahaya Miras dan Narkoba Terhadap Mental Anak Remaja

Yesica Maharani Budi P, mahasiswi Unisri. Foto/istimewa

KARANGANYAR- Dusun Sugihwaras, Gondangrejo, Karanganyar, 07/08/2022.
Yesica Maharani Budi Puspita , Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta Program studi Bimbingan dan Konseling dari kelompok 75 yang dibimbing oleh ibu Efi Nikmatu Sholihah, S.P., M.Sc melaksanakan Program Kerja KKN-T yaitu Penyuluhan Pengaruh Bahaya Miras dan Narkoba Terhadap Mental anak Remaja.

Kegiatan dimulai dengan menegaskan bahwa tema yang diangkat berkaitan dengan maraknya peredaran Narkotika dan Obat-obatan terlarang di Indonesia akhir-akhir ini yang telah memakan korban khususnya para remaja.

Oleh sebab itu, upaya penyelamatan generasi muda perlu dilakukan untuk mencegah meluasnya peredaran narkoba di kalangan generasi muda khususnya di kalangan remaja.

MANFAAT PENYULUHAN NARKOBA BAGI GENERASI MILENIAL

Ada beberapa manfaat penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi milenial di antaranya adalah:

Menambah wawasan dan pengetahuan

Dalam kegiatan penyuluhan anda bisa mempelajari sesuatu lebih dalam dengan pemateri/penyuluh, anda bisa bertanya langsung kepada penyuluh secara langung serta memperoleh jawabannya pada saat itu juga.

Anda bahkan memperoleh wawasan dan pengetahuan dari penyuluh tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta dampak buruk yang ditimbulkannya, cara mengantisipasinya, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  UIN Sunan Kalijaga Peringkat ke-16 PT Islam Terbaik di Dunia

Kemudian terbentuknya karakter anti narkoba manfaat dari kegiatan penyuluhan adalah terbentuknya karakter pemuda yang anti terhadap pengaruh narkoba.

Penyuluhan bahaya miras oleh mahasiswa KKNT Unisri. Foto/Istimewa

Dikarenakan anda telah mengetahui terlebih dahulu akan dampak dan bahaya dari penyalahgunaan narkoba sehingga anda akan merasa enggan untuk mendekatinya.

Hal ini sangatlah penting bagi generasi milenial dalam membentengi diri dari pengaruh narkoba yang bisa saja menghancurkan masa depannya dikemudian hari.

Perubahan kesadaran diri

Perubahan kesadaran diri anda terhadap narkoba akan berubah begitu juga dengan pemikiran (mindset) anda setelah mengikuti kegiatan penyuluhan.

Bentuk perubahannya seperti anda akan sangat waspada terhadap pengaruh narkoba yang mendekati anda serta akan selektif dalam memilih teman pergaulan.

Memperoleh inspirasi dan motivasi

Manfaat yang sangat menarik dalam mengikuti kegiatan penyuluhan narkoba adalah anda akan mendapatkan inspirasi dan motivasi dari para penyuluh.

Inspirasi dan motivasi yang diberikannya dapat merubah anda menjadi pribadi sukses yang anti akan narkoba, serta ilmu yang anda dapatkan dari kegiatan penyuluhan bisa menjadi inspirasi dalam segala hal yang akan anda lakukan bisa terbebas dari pengaruh narkoba.

Baca Juga :  UIN Sunan Kalijaga Peringkat ke-16 PT Islam Terbaik di Dunia

Menambah teman

Selain memperoleh ilmu yang bermanfaat anda juga akan memperoleh teman baru atau membuat anda semakin dekat dengan orang-orang yang berada di sekitar lingkungan anda.

Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan anda dengan orang lain memiliki tujuan yang sama yakni memerangi narkoba dan senantiasa menjauhinya.

Jika memungkinkan setelah penyuluhan bisa saja lahir sebuah komunitas anti narkoba yang anda buat dengan teman anda sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan penyuluhan.

Melatih komunikasi publik

Setelah anda mengikuti kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba anda akan mendapatkan sebuah pengalaman, wawasan ilmu pengetahuan, serta penguatan mental yang bisa mempengaruhi cara komunikasi anda.

Dengan memiliki pengetahuan lebih tentang narkoba anda akan sering melakukan interaksi dengan teman-teman diskusi dan juga akan memudahkan anda dalam menyampaikan bahan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat umum, sehingga ilmu yang anda dapatkan di penyuluhan bisa anda bagikan ke orang lain. (***)

Penulis:
Nama : Yesica Maharani Budi P
Npm : 19500002
Prodi : Bimbingan dan Konseling

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com