JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Profil dan Perjalanan Karier Ahmad Dofiri, Jenderal Tampan yang Pimpin Sidang Pemecatan Ferdy Sambo. Ternyata Peraih Adhi Makayasa

Komjen Ahmad Dofiri. Foto/Tempo.co
   

 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus pembunuhan Brigadir J yang diotaki mantan pimpinannya Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo turut mencuatkan satu nama jenderal.

Dia adalah Komjen Pol Ahmad Dofiri. Nama Dofiri menjadi perbincangan usai memimpin sdang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) dengan hasil pemberhentian tidak dengan hormat atau PTDH terhadap Ferdy Sambo, pada Kamis 25 Agustus 2022.

Berkat ketegasan dalam memimpin sidang, sosok Ahmad Dofiri banyak menuai pujian.

Lantas siapakah Ahmad Dofiri?

Dihimpun dari berbagai sumber, Ahmad Dofiri tercatat lahir di Indramayu, Jawa Barat, pada 55 tahun silam atau tepatnya 4 Juni 1967.

Masuk pendidikan Akpol angkatan 1989, Dofiri yang dikenal berwajah tampan itu lulus dengan menggenggam predikat lulusan terbaik dengan penghargaan sipil Adhi Makayasa.

Ahmad Dofiri kemudian mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Sespim Polisi Lembang, dan di Lemhannas RI PPRA XLVIII pada 2012.

Baca Juga :  MK Kembali Terima Dokumen Amicus Curiae, Kali Ini Datang dari Asosiasi Pengacara Indonesia di AS

Dalam kariernya, ia tercatat pernah menjabat sebagai Kabaintelkam di era Petahana Presiden Joko Widodo atau Jokowi sejak 31 Oktober 2021 lalu.

Saat itu, ia menggantikan Paulus Waterpauw. Sebelumnya Ahmad Dofiri menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat dengan masa jabatan 16 November 2020 hingga 31 Oktober 2021.

Dia juga pernah menjabat sebagai Asisten Logistik Kapolri dalam kurun 6 Desember 2019 hingga 16 November 2020.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Jabar, Ahmad Dofiri terlebih dahulu menjabat sebagai Kapolda Banten dan Kapolda DI Yogyakarta.

Dia menjadi Kapolda DI Yogyakarta pada rentang 14 November 2016 hingga 6 Desember 2019. Saat itu dia menggantikan Prasta Wahyu Hidayat.

Setelah menjadi Asisten Logistik Kapolri, Ahmad Dofiri digantikan oleh Asep Suhendar. Sebelumnya, pada rentang 14 April 2016 hingga 5 Oktober 2016, dia menjabat sebagai Kapolda Banten.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

Ahmad Dofiri mengawali kariernya di kepolisian sebagai Kanit Resintel Polsekta Tangerang Polda Metro Jaya pada 1990. Lalu pada 2005 dia menjadi Kassubag Jabpamentil Bagian SDM Polri.

Ahmad Dofiri juga pernah menjabat sebagai Kapolres Bandung pada 2007 dan Wakapolwiltabes Bandung pada 2009. Dia kemudian dipindahkan ke Yogyakarta dan menjadi Kapoltabes di sana.

Pada 2010, Ahmad Dofiri dimutasi sebagai Kabag Kermadagri Robangpers SDE SDM Polri. Di tahun yang sama dia ditunjuk sebagai Koorspripim Polri.

Lalu menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Binkar SSDM Polri pada 2012. Selain pernah menjadi Kapoltabes, pada 2013 Ahmad Dofiri juga menjadi Wakapolda Yogyakarta.

Setelah itu dia kembali ditunjuk di bidang SSDM Polri pada 2014, menduduki Karobinkar SSDM Polri.

Pada 2016, setelah menjabat sebagai Kapolda Banten, ia dimutasi sebagai Karosunluhkum Divkum Polri.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com