JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mengenal Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan

Ilustrasi secangkir teh / Foto: pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Antioksidan merupakan senyawa yang banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Salah satu manfaat antioksidan adalah dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel kulit menjadi rusak dan membuat kulit menjadi terlihat lebih awet muda.

Mengutip Medical News Today, antioksidan merupakan zat yang bisa mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap lingkungan dan tekanan lainnya.

Sumber antioksidan dapat berasal dari bahan alami maupun buatan. Antioksidan buatan diperoleh dari makanan yang kaya akan zat nabati, sejenis fitonutrein atau nutrisi nabati. Sedangkan antioksidan alami diproduksi oleh tubuh yang berasal dari dalam tubuh (endogen) dan dari luar tubuh (eksogen).

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Dikutip dari WebMD, berikut beberapa manfaat antioksidan bagi kesehatan:

1. Dapat membantu mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat mencegah beberapa kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah antioksidan dari makanan dapat membantu mengurangi risiko kanker.

2. Mata menjadi lebih sehat

Antioksidan dapat berfungsi untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen pada orang dewasa di atas usia 60 tahun. Selain itu antioksidan juga dapat memperlambat perkembangan katarak dan membuat orang mempertahankan penglihatan yang lebih baik lebih lama.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

3. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stres

Menurut beberapa penelitian, buah dan sayuran yang mengandung antioksidan baik untuk mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.

Dilansir dari web.bapelkessemaran.com, Senyawa metabolik yang berperan sebagai antioksidan yaitu seperti kumarin, flavonoid, saponin, tannin, alkaloid, dan triterpenoid dapat mengurangi kadar kolesterol total sehingga turut mencegah resiko penyakit jantung.

Mengutip yankes.kemkes.go.id, ada berbagai jenis antioksidan, di antaranya adalah enzim, vitamin, fitokemikal, flavonoid, antosianin, beta-karoten, likopen, dan polifenol. Berbagai antioksidan tersebut bisa ditemukan di buah maupun sayuran.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com