JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Minyak Telon, Bukan Hanya untuk Bayi

Ilustrasi pijat bayi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Minyak telon adalah campuran tiga macam minyak, yaitu minyak adas (Oleum Foeniculi), minyak kayu putih (Oleum Cajuputi), dan minyak kelapa (Oleum Cocos) dengan perbandingan tertentu. Dalam bahasa Jawa, kata telon artinya telu atau tiga.

Minyak ini telah sejak lama dipakai setelah memandikan anak karena dapat memberikan rasa hangat. Selain itu, minyak telon juga dapat mengobati perut kembung dan meringankan gejala mulas pada bayi.

Ketiga bahan minyak telon mempunyai fungsi yang berbeda dan khasiatnya bersinergi satu dengan yang lain. Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat minyak telon bagi kesehatan.

Menghangatkan tubuh

Saat minyak telon dioleskan pada badan, kandungan minyak kayu putih akan memperlebar pembuluh darah tepi sehingga timbul sensasi hangat di kulit bayi. Inilah salah satu alasan mengapa orang tua selalu mengoleskan minyak telon setelah memandikan anak.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Melembapkan kulit

Kandungan minyak kelapa yang terdapat dalam minyak telon mampu melembabkan kulit bayi sehingga terhindar dari masalah kulit kering. Kulit kering pada bayi merupakan hal yang umum terjadi di awal kehidupan. Salah satu penanganannya adalah dengan mengoleskan minyak telon selepas bayi mandi.

Mengatasi perut kembung

Bayi memang mudah mengalami perut kembung mengingat sistem pencernaan belum berkembang sempurna. Keadaan ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan mengganggu kenyamanannya, apalagi jika jumlah gas dalam perut berlebihan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan minyak telon di perut bayi secukupnya. Rasa hangat pada tubuh bayi dipercaya dapat mengatasi perut kembung dan nyeri yang disebabkannya.

Mencegah gigitan nyamuk

Minyak telon juga efektif mengusir dan mencegah gigitan nyamuk. Hal ini bisa terjadi karena kandungan anetol yang terdapat pada minyak adas dalam minyak telon memiliki aroma yang khas. Aroma ini tidak disukai oleh nyamuk, termasuk nyamuk Aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Menenangkan bayi saat dipijat

Saat memijat bayi, ibu dianjurkan untuk menggunakan losion atau minyak bayi. Salah satu minyak yang bisa digunakan adalah minyak telon. Selain menjadikan kulit terasa lembut dan mudah dipijat, minyak telon juga memberikan kehangatan pada tubuh bayi dan bisa melemaskan otot-ototnya.

Melegakan pernapasan

Manfaat minyak telon untuk bayi dan dewasa adalah melegakan pernapasan apabila Anda atau buah hati mengalami kondisi yang menyebabkan saluran napas tersumbat seperti flu, pilek, atau asma. Kandungan minyak kayu putih menjadi solusi yang tepat. Minyak kayu putih memiliki sifat dekongestan yang efektif untuk membuka sumbatan pada saluran pernapasan mulai dari hidung, tenggorokan, hingga bagian lain dari sistem pernapasan sehingga menimbulkan efek lega.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com