JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Senangnya Murid-murid Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Solo Membuat Jamu di Kidoland Nguter, Sukoharjo

Para murid kelas 4 SDIT Nur Hidayah, Solo gembira saat membuat jamu kunir asem di Kidoland, Nguter, Sukoharjo / Foto: Istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Sebanyak 120 murid-murid kelas 4 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mengikuti kegiatan outing class di Kidoland, RT 03 RW 01 Plesan, Nguter, Sukoharjo, Jumat (23/9/2022) pagi.

Lokasi tersebut merupakan salah satu tempat rekreatif dan edukatif terkait dengan pembuatan jamu tradisional di Kabupaten Sukoharjo.

Ketua Panitia Kegiatan Outing Class Kelas 4, Bekti Riyanto, S.Si., M.Si mengungkapkan, ย kegiatan itu sebagai tindak lanjut dari kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang telah dilaksanakan pada pekan-pekan sebelumnya.

“Memanfaatkan waktu jeda pasca Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) 1, kita gunakan untuk melanjutkan kegiatan P5, dengan konsep outing class. Melanjutkan dan menguatkan tema P5 yakni Gaya Hidup Berkelanjutan,” papar Bekti.

“Setelah sebelumnya murid-murid mempelajari tentang tumbuhan, apotek hidup dan manfaatnya, bertanam empon-empon. Hari ini kita lanjutkan dengan belajar dan praktik langsung memanfaatkan sebagian dari empon-empon, untuk membuat minuman tradisional yang berkhasiat. Mereka belajar lansung pada sumbernya, yakni di salah satu tempat edukasi dan produksi jamu tradisional di Sukoharjo, yang termasyhur sebagai kabupaten pemroduksi jamu tradisional,” terangnya.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para ย Supeltas

Salah satu murid kelas 4C yang ikut langsung praktik membuat produk, Kenes Jaladra Maharanie (10), mengungkapkan rasa senangnya dapat membuat jamu kunir asem yang sarat manfaat.

“Senang dapat membuat jamu kunir asem bersama teman-teman. Bahan-bahannya ada kunir, asem jawa, garam, gula jawa, dan air matang 500ml. Adapun alat-alat yang digunakan ada alat penumpuk, saringan, mangkok, dan alat masak,” ungkap Kenes.

“Cara membuat jamu kunir asem, tumbuk kunir sampai halus. Campurkan asem jawa, gula jawa, dan garam ke dalam air. Kemudian disaring dan dimasak. Jadilah jamu kunir asem yang memiliki khasiat,” terangnya.

Sementara salah satu murid kelas 4B, Yahya Sastra Jendra (10) mengungkapkan pengalamannya menemukan tanaman apotek hidup dan khasiatnya yang ada di Kidoland. Ia menuliskan juga pada Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

“Ada merica perdu, mengandung antioksidan yang baik. Daun kelor, berguna untuk menurunkan kadar gula darah. Jati belanda, berkhasiyat menurunkan berat badan. Jeruk purut berkhasiat melindungi jantung. Jeruk nipis berguna untuk meningkatkan kekebalan jantung,” jelasnya.

Waka Humas SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Rahmat Hariyadi, S.Pd. menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan outing class dari awal hingga akhir menguatkan karakter-karakter mulia yang senafas dengan profil pelajar Pancasila.

Ia mengatakan, seluruh proses kegiatan yang diikuti murid-murid tersebut sarat dengan muatan karakter Pancasila.

โ€œMulai dari menghafal surat dalam Al Quran, budaya antre, menjaga kebersihan, melatih sikap gotong royong dan lain-lain,โ€ paparnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews. ย Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com