JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KIB Akan Usung Ganjar Pranowo Sebagai Capres Jika Tak Diusung PDIP

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri perayaan tradisi Yaa Qowiyyu di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). Airlangga hadir didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Klaten Sri Mulyani untuk membuka perayaan Saparan dengan sebar kue apem. Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mempertimbangkan dengan serius sosok Ganjar Pranowo sebagai Capres yang diusung pada 2024. KIB merupakan koalisi dari 3 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Bima Arya Sugiarto, Sabtu, (29/10/2022).

Bima mengatakan, PAN telah membuka keran komunikasi informal dengan Ganjar. Sementara di internal PAN dan PPP nama Ganjar juga sudah mencuat sebagai capres. Kendati demikian, mengingat Ganjar masih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bima menyebut bakal menunggu keputusan internal PDIP.

“Kita masih menunggu keputusan PDIP seperti apa. Mas Ganjar juga belum bersikap. Tapi KIB saya kira menimbang dengan sangat serius sosok Mas Ganjar,” ujar Bima saat ditemui usai acara Demi Indonesia di Jakarta, Sabtu, (29/10/2022).

Jika pada akhirnya PDIP tidak mengusung Ganjar sebagai capres, Bima menyebut kemungkinan besar KIB yang bakal memajukan Ganjar. “Saya kira sangat mungkin karena nama Mas Ganjar disebut di internal KIB. Jadi kalau Mas Ganjar tidak berangkat dari sana (PDIP), maka kemungkinan akan sangat besar (berangkat dari KIB),” kata dia.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Bima memproyeksikan capres dan cawapres KIB bakal mulai mengerucut pada akhir tahun ini. Ia menilai sudah banyak deklarasi di tingkat wilayah oleh internal KIB, seperti PAN dan PPP.

“Teman-teman melihat mulai banyak deklarasi di tingkat wilayah dari internal KIB, PPP dan PAN. Saya kira betul kata Pak Jokowi akhir tahun ini sudah jauh lebih mengerucut,” ujar dia.

Nama Ganjar Pranowo populer di internal PAN sebagai capres yang dijagokan pada 2024. Sebelumnya, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan mendeklarasikan Ganjar sebagai capres.

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Yandri Susanto, mengatakan Ganjar berpeluang besar dijagokan untuk maju pilpres. Namun, kata dia, partainya masih perlu menggodok rencana ini, mengingat PAN tidak bisa melenggang sendiri dalam Pilpres 2024.

Baca Juga :  Perang Urat Syaraf antar Tim Kuasa Hukum Memanas Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK

“Ada kemungkinan besar Ganjar bisa diusung. Tapi kan perlu ada pematangan yang lebih intensif dan komprehensif,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

Selain PAN, nama Ganjar turut meruak di internal PPP. Sejumlah Dewan Pengurus WIlayah (DPW) PPP mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024, di antaranya DPW Sulawesi Selatan, Banten, dan Sumatera Utara.

Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, mengatakan Ganjar memang dekat dengan partai berlambang kabah ini. Pasalnya, keluarga istri Ganjar merupakan keluarga PPP di Purbalingga.

Bahkan, kata dia, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP di Kabupaten Purbalinga adalah kakak ipar Ganjar. Arsul menyebut bapak mertua Ganjar juga merupakan tokoh PPP di Purbalingga.

“Keluarga istri GP itu adalah keluarga PPP di Purbalingga. Bahkan Ketua DPC PPP Kab. Purbalingga itu adalah kakak iparnya GP, karena mbakyu dari istrinya GP. Bapak mertuanya adalah tokoh PPP di sana,” kata Arsul kepada Tempo, Ahad, 9 Oktober 2022.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com