JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waduh, Korban Tewas Pabrik Kertas Wonokerto Wonogiri Belum Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, Wabup Minta Ada Audit Sistem Keamanan

Kecelakaan kerja
Evakuasi korban kecelakaan kerja pabrik kertas Wonokerto Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Tenaga Kerja atau Disnaker Wonogiri melakukan kroscek di lapangan terkait kecelakaan kerja korban tewas pabrik kertas Wonokerto Wonogiri, PT PPI.

Ternyata belum semua karyawan di perusahaan itu didaftarkan keikutsertaannya dalam BPJS Ketenagakerjaan. Naasnya korban tewas pabrik kertas Wonokerto Wonogiri belum didaftarkan perusahaan sebagai peserta BPJS.

Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti mengatakan PT PPI menjadi salah satu perusahaan yang sedang dalam pengawasan ketat pihaknya bersama BPJS. Pasalnya, pihak perusahaan sudah mendapatkan dua teguran dari BPJS Ketenagakerjaan yang ditembuskan kepada Disnaker Wonogiri dan pengawas.

Baca Juga :  Pilkades Serentak Wonogiri 2022, Polisi Terjunkan 543 Personil

Hal itu karena pihak perusahaan belum mengikutkan semua karyawannya dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Petugas Disnaker Wonogiri juga disebutnya kerap menegur perusahaan terkait hal tersebut.

“Saat terjadi kecelakaan kerja seperti ini dan karyawannya belum diikutkan (BPJS Ketenagakerjaan) nanti kami akan gunakan peraturan perundangan-undangan yang berlaku,” ujar Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti, Selasa (4/10/2022).

Menurut Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti, saat perusahaan tak mengikutkan BPJS Ketenagakerjaan maka perusahaan harus menanggung semua pembiayaan yang terkait dengan kecelakaan kerja yang dialami karyawan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pihaknya bakal mengawal langkah yang diambil perusahaan atas karyawan tersebut.

Baca Juga :  Belum Ketemu, 1 Orang Kalap di Siraman Kahyangan Tirtomoyo Wonogiri, Korban Warga Bangsren Makamhaji Kartasura

“Ini menjadi pembelajaran. Kan ada aturan wajib mengikutsertakan karyawan pada kepesertaan BPJS,” kata Kepala Disnaker Wonogiri Ristanti.

Menurut dia, keselamatan kerja karyawan adalah wewenang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) provinsi melalui Satuan Pengawas Ketenagakerjaan (Satwasker). Pembinaan keselamatan kerja dilakukan Satwasker.

Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satwasker terkait kecelakaan kerja di PT PPI. Satwasker bakal terjun bersama Disnaker ke PT PPI.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com