JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Lahan Rusak Usai Trabas, Langsung Direklamasi tim Komunitas Trail Boyolali

Komunitas trailย  Boyolali tengah melakukan reklamasi lahan yang rusak usai penyelenggaraan Indonesia Offroad Federation (IOF) 2 X 1 Boyolali / Foto: Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI,ย  JOGLOSEMARNEWS.COM –ย  Rasa tanggung jawab melekat pada anggota komunitas trail dalam Indonesia Offroad Federation (IOF) 2 X 1 Boyolali.

Mereka guyup rukun danย  gotong royong melakukan reklamasi lahan sehabis digunakan untukย  menggelar acara bertajuk Jelajah Alas Blimbing (JAB) bebeberapa waktu lalu.

โ€œUsai acara, kami tak lantas pergi begitu saja. Kami turut bertanggungbjawab menata kembali lahan sehabis dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut,โ€ ujar Bewal Budiyanto, Seksi Organisasi 2 X 1 IOF Boyolali, pada Jumat (18/11/2022).

Dijelaskan, kegiatan melibatkan seluruh anggota komunitas. Jalan yang rusak diperbaiki kembali agar bisa digunakan warga untuk melintas sehari- hari. Sehingga warga tidak merasa terganggu dengan kegiatan jelajah oleh komunitas trail.

Baca Juga :  Menhub Budi Karya Kunjungi Pos Terpadu Ops Ketupat Candi 2024 Polres Boyolali

โ€œDemikian pula lahan atau kebun milik warga yang rusak, dilakukan reklamasi lahan. Tanaman yang rusak diganti dengan tanaman baru. Intinya, jangan sampai pemilik lahan merugi.โ€

Bewal yang juga anggota Komunitas Handal Trail Boyolali tersebut mengaku puas karena kegiatan Jelajah Alas Blimbing di kawasan Kecamatan Teras dan Sambi beberapa waktu lalu berjalan sukses.

Kegiatan baksos digelar untuk penggalangan dana pembangunan masjid dan sumur di Desa Krasak, Kecamatan Teras.

Baca Juga :  Kades Meninggal Dunia, 2 Jabatan Kepala Desa di Boyolali Kosong

Kegiatan diikuti ratusan anggota se-Jawa Tengah. Anggota komunitas mendapatkan tempat untuk menyalurkan hobinya trabas kawasan hutan. Sekaligus untuk memupuk rasa solidaritas antar sesama dan menanamkan cinta lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan melakukan reklamasi lahan sehabis acara digelar.

โ€œDari kegiatan tersebut berhasil dikumpulkan dana hingga ratusan juta rupiah.โ€

Suksesnya acara, kini sejumlah kelompok warga juga mengajukan kegiatan penggalangan dana serupa. Hanya saja, karena saat ini sudah memasuki akhir tahun dan cuaca sering hujan, maka usulan dari warga akan dilaksanakan pada tahun depan. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com