JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Telur Puyuh, Keci-kecil Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi teluh puyuh. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Selain telur ayam dan bebek, telur puyuh merupakan makanan yang digemari banyak orang. Ukurannya yang kecil dan rasa yang enak inilah yang membuat disukai banyak orang.

Telur puyuh memiliki khas corak bercak pada kulitnya, meski bisa dimakan langsung, biasanya telur puyuh dicampurkan dengan makanan olahan seperti gulai, sup, semur ataupun oseng.

Soal kandungan nutrisi, satu butir telur ayam sebanding dengan tiga sampai empat telur puyuh.

Melansir dari Healtline, dalam satu butir telur puyuh terdapat 14 kalori, 1 gram protein, 1 gram lemak, 2 persen dari nilai harian vitamin A, dan 6 persen dari nilai harian vitamin B12.

Selain itu, dalam satu butir telur puyuh juga menyedikan sebagian besar kebutuhan selenium, riboflavin, dan kolin harian manusia. Di mana kebutuhan ini membantu tubuh untuk memecah makanan yang dimakan menjadi energi.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Telur puyuh memang jauh lebih kecil daripada telur ayam, namun menurut beratnya telur puyuh lebih banyak mengandung lemak, protein, zat besi, dan vitamin B12. Selain itu, harganya juga lebih mahal dibandingkan telur ayam karena sedikit sulit ditemukan.

Manfaat Telur Puyuh
Dikutip dari WebMD, berikut manfaat kesehatan dari telur puyuh:

Mengurangi risiko anemia
Telur puyuh yang kaya akan zat besi akan membantu dalam mengurangi risiko anemia. Di mana zat besi adalah mineral yang berfungsi untuk memproduksi hemoglobin. Selain itu juga dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Menyeimbangkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian, 60 persen lemak dalam telur puyuh terdiri dari kolestrerol baik. Sehingga ini dapat membantu tubuh untuk menyeimbangkan efek negatif dari kolesterol jahat.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Meningkatkan kekebalan
Telur puyuh mengandung vitamin A dan dan vitamin C, yang dapat membantu menetralisir radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan energi
Dalam telur puyuh juga terdapat sumber protein yang bisa membantu memberikan tubuh dorongan energi. Terutama bila dipasangkan dengan karbohidrat seperti nasi.

Mengurangi alergi
Dalam telur puyuh terkandung protein ovomucoid, yaitu protein yang bertindak sebagai anti alergi alami yang bisa membantu melawan peradangan serta gelaja lain yang disebabkan oleh alergi.

Itulah kandungan dan manfaat dari telur puyuh. Meskipun ukurannya mungil tetapi nutrisinya tidak kalah dengan nutrisi dalam telur ayam.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com