JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

4 Gua Maria di Jawa Tengah, Gua Maria Sendang Ratu Kenya di Wonogiri: Suasana Hening, Tepat untuk Panjatkan Doa

Gua Maria bukit Kendalisodo / wandani - joglosemarnews
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bagi umat Katolik, berkunjung ke Gua Maria merupakan sebuah hal yang telah menjadi tradisi. Pada umumnya, banyak umat Katolik yang berkunjung ke Gua Maria untuk mencari ketenangan batin serta untuk lebih dekat dengan Allah Bapa.

Mayoritas Keuskupan yang ada di Indonesia mempunyai Gua Maria yang dapat dikunjungi oleh umat Katolik. Di Pulau Jawa pun terdapat banyak Gua Maria yang dapat dikunjungi, khususnya yang berada di wilayah Jawa Tengah.

Sebagai informasi, Provinsi Jawa Tengah memilikki dua Keuskupan, yaitu Keuskupan Agung Semarang dan Keuskupan Purwokerto. Keduanya sama-sama memilikki beberapa Gua Maria yang dapat Anda kunjungi.

Gua Maria di Jawa Tengah

1. Gua Maria Kaliori, Banyumas

Gua Maria Kaliori merupakan Gua Maria yang berlokasi di Kaliori, Banyumas. Gua Maria ini berada di bawah Keuskupan Purwokerto. Gua Maria Kailori pertama kali dibangun pada 15 Agustus 1989 dan diresmikan pada 8 Desember 1989. Dalam pembangunannya, Gua Maria ini memilikki satu persitiwa bersejarah. Peristiwa tersebut terjadi pada 10 Oktober 1989, yaitu ketika Bapa Suci Yohanes Paulus II memberkati Patung Bunda Maria dan menandatangani Prasasti Gua Maria Kaliori.

2. Gua Maria Sendang Ratu Kenya, Wonogiri

Gua Maria Sendang Ratu Kenya merupakan sebuah Gua Maria yang berlokasi di Giriwoyo, Wonogori. Sendang Ratu Kenya memiliki suasana yang hening dan cocok bagi Anda yang ingin berdoa di sini. Selain itu, untuk mencapai Sendang Ratu Kenya tidak terlalu jauh dari pusat kota Kecamatan Baturetno.

3. Gua Maria Kerep, Ambarawa

Gua Maria Kerep merupakan Gua Maria yang berlokasi di Ambarawa, Semarang dan berada di bawah Keuskupan Agung Semarang. suasana di gua Maria Kerep sangat tenang dan memilikki pemandangan yang indah. Gua Maria ini termasuk Gua Maria yang cukup tua di Indonesia. Gua Maria Kerep dibangun pada 1954 dan diresmikan pada 15 Agustus 1954.

4. Gua Maria Klaces, Nusakambangan

Gua Maria Klaces merupakan Gua Maria yang berlokasi di Kalces, Pulau Nusakambangan. Gua Maria ini berada di bawah Keuskupan Purwokerto. Gua Maria ini termasuk Gua Maria yang unik karena menjadi satu-satunya Gua Maria di kawasan Nusakambangan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com