JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Keren, Pasar Bahulak dan Robot Penagih Pajak Sragen Masuk Nominasi IGA Award Nasional 2022

Pengunjung memadati pintu masuk Pasar Bahulak Edisi spesial ulang tahun, Minggu (17/10/2021) pagi. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dua inovasi yang ditelorkan Pemkab Sragen masuk dalam kategori penilaian ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2022.

Dalam rangka penilaian, tim Tim Validasi ajang IGA dari Kemendagri pun terjun ke Sragen untuk melakukan pengecekan, Kamis (1/12/2022).

Dua inovasi itu adalah Robot Virtual Penagih Pajak Berbasis Artificial Intelligence dan Pasar Bahulak Karungan Plupuh.

Rombongan Tim Validasi Lapangan Kemendagri datang disambut oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama jajaran pejabat.

Tim pertama kali mengunjungi Pasar Bahulak, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh dan dilanjutkan di Opproom Setda Sragen.

Kedua inovasi tersebut dinilai langsung oleh tim penilai dari Kemendagri, yakni Arzad Sectio dan Nova Setianingsih.

Sementara tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, ada tiga orang, yakni Nurhadi Susanto, Yuyun Purbokusumo, dan Nurhadi.

Mereka datang ke Sragen untuk melihat langsung dan membuktikan apa yang sudah dipaparkan Bupati Sragen tentang inovasi nondigital dan digital itu.

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

Bupati mengatakan bahwa berbagai inovasi yang akan dinilai pada hari ini merupakan bentuk keseriusan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sragen dalam membangun daerah.

Ia pun berharap kedua inovasi itu dapat apresiasi baik dari tim penilai. Sebab inovasi itu dilahirkan dengan proses yang tidak sederhana dan dapat dilakukan dalam waktu singkat.

“Alhamdulillah Pasar Bahulak dan Robot Virtual Penagih Pajak Berbasis Artificial Intelligence masuk nominasi lnnovative Government Award (IGA) 2022. Acara ini digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ungkap Bupati kepada wartawan.

Tim Validasi Innovative Government Award (IGA) 2022 saat melakukan kunjungan penilaian ke Pasar Bahulak di Karungan, Plupuh, Sragen, Kamis (1/12/2022). Foto/Wardoyo

Bupati menjelaskan inovasi robot virtual penagih pajak trobosan dari BPKPD itu merupakan engine software cerdas yang bisa melakukan prosedur penagihan pajak daerah layaknya manusia.

Robot ini mampu membaca data yang terintegrasi dengan database pajak daerah dengan BPD Jateng. Dengan robot itu diklaim bisa membantu menagih tunggakan PBB hingga Rp 11,8 miliar.

Inovasi selanjutnya adalah Pasar Bahulak, Bupati Yuni memaparkan kepada tim penilai jika Pasar Bahulak ini merupakan inovasi nondigital yang lahir di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

Selain itu keunggulan dan keunikan lainnya, adalah warga Desa Karungan memasarkan jajanan dan menyajikan mainan tempo dulu.

Warga mengajak pengunjung bernostalgia dengan menghadirkan nuansa tempo dulu. Oleh karenanya dinamakan Pasar Bahulak.

Inovasi Desa Karungan ini sudah berjalan dua tahun makanya kami pilih untuk diusulkan sebagai nominasi IGA 2022 dan ternyata mendapat respons tim penilai. Yang jadi pertanyaan, pernah direplikasi belum? Ternyata sudah banyak pasar yang mirip-mirip di Sragen, seperti Pasar Kawak Gerbang di Masaran; Pasar Selokarang di Sukodono, Pasar Tambak di Sidoharjo, dan seterusnya,” papar Bupati Yuni.

Sementara Koordinator Tim Penilai Kemendagri, Arzad Sectio, mengatakan pihaknya datang untuk membuktikan apa yang disampaikan Bupati.

“Ada beberapa poin yang diklarifikasi, yakni berkaitan dengan kebaruan, manfaat, keberlangsungan, dan replikasi,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com