JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ramai Kabar Erupsi Semeru Bisa Picu Tsunami di Jepang, BNPB Minta Masyarakat Lebih Percaya Lembaga Sendiri

Gunung Semeru memuntahkan abu tebal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022). Badan Meteorologi Jepang menyerukan status siaga akan ancaman tsunami, pasca meletusnya erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur / tribunnews
   

LUMAJANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat agar mempercayai kabar erupsi Gunung Semeru dari lembaga yang berwenang di Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Plt Kapusdatin BNPB, Abdul Muhari, Senin (5/12/2022), untuk menanggapi adanya kabar bahwa erupsi Semeru bisa berdampak pada tsunami yang dirasakan sampai ke Jepang.

Abdul Muhari mengatakan, cukup banyak lembaga di tanah air yang bekompoten dan berwenang terkait informasi kebencanaan.

Baca Juga :  Berhasil Sentuh Semua Lapisan Masyarakat, Menteri AHY Apresiasi Kinerja Jajaran Kementerian ATR/BPN

“Mulai dari BNPB, BMKG, PVMBG, BPBD dan lembaga-lembaga yang dimandatkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Dilansir dari Tribunnews.com Gunung Semeru merupakan gunung api darat, dengan jarak yang cukup jauh dari laut, sehingga potensi letusan (pyroclastic partial collapse) tidak sampai ke laut dan tidak bisa memicu terjadinya tsunami.

“Apalagi, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa. Jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkin tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia,” lanjut Abdul Muhari.

Baca Juga :  Ekonom: Proyek Kereta Cepat Whoosh Picu BUMN Merugi, Warning untuk Pemerintahan Prabowo

Karena itu, menurut Abdul Muhari, berdasarkan analisis ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan, kabar mengenai potensi tsunami di Jepang terkait erupsi Gunung Semeru sangat tidak berdasar dan tidak dibenarkan.

“Tolong masyarakat lebih  mempercayai kabar atau informasi dari pihak berwenang dari lembaga kita sendiri,” ujarnya. Firman Fajar W

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com