JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Tak Kalah Dari Bali, Ini 5 Wisata Alam Unggulan Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bukit Pengilon (Sumber: indonesia.travel)
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja sampai saat ini masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan domestik dan manca.

Ada banyak destinasi wisata di Jogja yang tidak kalah dari pulau Bali, yang meliputi, wisata budaya, kuliner hingga wisata alam.

Destinasi wisata alam ini wajib dikunjungi siapa pun yang berkunjung ke Jogja. Dilansir dari situs resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, wisata alam yang ada di Jogja terdiri dari berbagai macam bentang alam. Mulai dari pegunungan, pantai, hingga goa. Sebagian besar destinasi wisata alam di Jogja saat ini terfokus di sekitar daerah Gunungkidul, Yogyakarta.

Berikut lima rekomendasi destinasi wisata alam unggulan Jogja sebagaimana dirangkum dari visitingjogja.jogjaprov.go.id:

1. Grojogan Pucung

Grojogan Pucung kini tengah menjadi objek wisata alam yang ramai dikunjungi wisatawan. Terletak di Kalipakem, Seloharjo, Bantul, air terjun ini berada di tengah hutan belantara dan bisa dikatakan masih sangat asri dan belum terjamah aktivitas manusia. Airnya mengalir deras dan cenderung stabil.

2. Bukit Pengilon

Bagi para sunset hunter, wajib hukumnya untuk berkunjung ke Bukit Pengilon yang terletak di kawasan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Para wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam yang spektakuler berupa perbukitan dan indahnya Pantai Selatan dari ketinggian. Selain itu juga disediakan tempat untuk berkemah.

3. Geblek Menoreh View

Wisata alam ini menyajikan sebuah panorama sawah yang indah dan memiliki tempat makan berupa angkringan khas Yogyakarta. Angkringan di tempat ini menyediakan berbagai menu dengan 10-15 macam nasi beserta lauk-pauknya seperti sate, bakwan, tempe dan lain-lain. Destinasi wisata alam ini dibuka pagi mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

4. Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah tempat wisata malam Yogyakarta yang ada di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di pinggir jalan utama Yogyakarta-Wonosari. Ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi para wisatawan yang mencari suasana di Yogyakarta dengan pemandangan yang indah. Berkunjung ke sini, wisatawan bisa menghabiskan malam sambil menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.

5. Pantai Krokoh

Sebagian besar mungkin akan merasa asing saat mendengar nama Pantai Krokoh, bahkan bagi masyarakat Jogja sekalipun. Pantai ini masuk dalam daftar pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Perpaduan antara bukit karang, hamparan ombak, dan pasir putih memberikan sensasi yang sangat luar biasa ketika berkunjung ke Pantai Krokoh.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com