JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

BMKG : Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang, ini Wilayahnya

Bencana hidrometeorologi
Tanah longsor menjadi salah satu bencana hidrometeorologi yang perlu diwaspadai saat musim penghujan. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – BMKG telah merilis adanya peringatan dini berupa potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Peringatan dini pontensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang itu berlaku hari ini, Senin (9/1/2023).

Melansir bmkg.go.id, ada sejumlah wilayah provinsi yang berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Untuk waktu prediksi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang bervariasi di antara provinsi. Ada yang pagi, siang, maupun sore malam dan dinihari.

Baca Juga :  Wajib Tahu!Jadwal Oneway Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 via Tol Cipali

Berikut ini wilayah provinsi dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang:

Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jabar, Jatim. Selanjutnya, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Lampung.

Provinsi selanjutnya meliputi Maluku, Maluku Utara, NTB, Papua, Papua Barat, Riau. Kemudian ada provinsi Sulbar, Sulsel, Sulteng, Sultara, Sultra, Sumbar, dan Sumsel.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang menuju puncak musim penghujan yang diprediksi akan berlangsung pada Januari hingga Februari.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, kata dia, mengacu pada data keluaran model numerik cuaca.

“Puncak musim hujan secara umum diprediksikan terjadi pada Januari sampai Februari 2023, sehingga potensi hujan intensitas tinggi masih dapat terjadi hingga Februari 2023,” imbuh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto .

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi dalam beberapa hari kedepan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. Mulai dari banjir, genangan, banjir bandang, tanah longsor, gelombang tinggi. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com