JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gara-Gara Presiden, Booming Lato-Lato Landa Sragen. Anak-Anak Merengek, Toko Sampai Kewalahan

Dari kiri, Presiden Jokowi saat memainkan Lato-Lato dan viral di media sosial. Dua bocah asal Sragen Kota tengah membeli mainan Lato-Lato di toko dan foto paling kanan seorang bocah sudah mahir memainkannya. Foto kolase/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam beberapa hari, jagat media sosial dan pemberitaan mendadak diguncang sebuah mainan antik bernama Lato- Lato.

Mainan berbentuk bola kecil bulat terbuat dari bahan plastik dengan tali kecil pengait sebagai penggerak kedua bola itu kini sedang trending dan viral di Indonesia.

Apalagi permainan itu sempat dimainkan oleh Presiden Jokowi bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam kunjungan Presiden ke pasar tradisional di Jabar.

Sejak video Presiden mencoba main Lato-Lato itu diunggah di media sosial, mendadak permainan itu kembali booming.

Dibeberapa daerah mainan itu langsung banyak diburu. Tak hanya anak anak, bahkan orang dewasa juga ikut memburu karena penasaran ingin mencoba kemahiran main Lato-Lato.

Dari desa sampai kota, anak-anak seolah tengah dilanda demam Lato-Lato.

Imbasnya, pedagang dan toko mainan yang menjualnya pun langsung diserbu pembeli bahkan sampai kehabisan stok lantaran banjir borongan.

Banyak Diborong 

Pantauan di lapangan, sejumlah toko mainan di Sragen mengaku kebanjiran permintaan Lato-Lato usai permainan itu viral di medsos.

Kebanyakan para pembelinya anak-anak namun tak sedikit dewasa juga. Mereka banyak mencari Lato-Lato baik digunakan anak sendiri maupun untuk dijual kembali.

Di toko grosir mainan Anugerah Jaya Toys misalnya. Toko mainan yang beralamat di jalan Wr Supratman, kios Renteng, Kliteh, Sragen Tengah, Sragen itu mengaku sudah hampir sebulanan mainan Lato-Lato laris dicari pembeli.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

Salah satu karyawan, Nur Chollifah Dwi Hapsari (20) mengatakan kebanyakan pencari Lato-Lato dari kalangan anak-anak hingga pedagang mainan keliling.

“Sejak viral itu, pada banyak yang ikut beli untuk dijual kembali,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (4/1/2023).

Karyawan toko mainan Anugerah Jaya Toys di Sragen mengaku sampai kewalahan melayani permintaan mainan Lato-Lato yang lagi viral. Foto/Wardoyo

Nur menyampaikan hingga kini, selama sebulan sudah ribuan unit mainan Lato-Lato berhasil terjual dari dua toko Anugerah Jaya.

Tiap hari, penjualan satu toko mencapai lusinan alias puluhan buah hingga ratusan buah Lato-Lato.

“Bahkan toko sebelah bisa lebih dari puluhan lusin sehari. Kalau harga masih sama, yang kecil kita jual mulai Rp 10.000 yang besar Rp 14.000,” bebernya.

Viral Usai Dimainkan Presiden

Ia mengaku bersyukur berkat viral dan imbas dimainkan Presiden, mainan yang sebenarnya termasuk tradisional itu kembali laris.

Kemunculan mainan lato lato bermula saat mainan tersebut di promosikan di media sosial oleh beberapa konten kreator dan sukses menyita perhatian anak anak dan orang dewasa.

“Awal mulai Lato- Lato ramai diburu pembeli bermula saat dipromosikan di media sosial, sempat kewalahan melayani pembelian sejak booming itu,” imbuh Nur.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Sementara itu, Dwi Hariyanto (13) salah satu anak pecinta mainan Lato-Lato asal Karang Dowo RT 04, Sragen Kota mengaku tertarik membeli Lato-Lato bermula saat lihat tayangan video di YouTube dan TikTok.

“Iya langsung datang ke toko mainan beli Lato-Lato bareng teman-teman, awalnya mainannya susah tapi lama-lama bisa juga kok,” ucapnya polos.

Anak-Anak Merengek 

Menurut Dwi, mainan Lato-Lato cukup sederhana dan menyenangkan. Bahkan hanya hitungan hari, ia dan beberapa temannya sudah bisa menguasai beberapa gaya permainan Lato-Lato.

“Iya teman teman dah pada pintar main. Ini saya baru 2 minggu beli dan baru bisa satu gaya bunyinya tak tak tak. Ini saya beli dengan harga Rp 10.000. Awalnya penasaran kok sepertinya asyik, akhirnya ikut beli. Seru juga,” ujar siswa SMP itu.

Tak hanya remaja, bocah 4 tahun pun juga kepincut untuk ikut-ikutan penasaran membeli Lato-Lato.

Anak-anak langsung memburu toko Anugerah Jaya untuk membeli mainan Lato-Lato yang lagi viral. Foto/Wardoyo

Devi (4) bocah perempuan asal Ngemplak, Taraman, Sidoharjo, juga merengek minta dibelikan Lato-Lato setelah melihat banyak tayangan anak-anak memainkan permainan itu di medsos dan TikTok.

“Iya terpaksa kemarin langsung cari ke pedagang. Gara-gara lihat di TikTok dan Youtube viral Lato-lato, ikutan geger pingin beli. Cuma Rp 10.000 memang,” ujar Alex, orangtuanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com