JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Punya Ginjal Sehat? Ini 5 Jenis Makanan Sehat yang Wajib Anda Konsumsi

Brokoli / pixabay
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Makanan yang sehat dan bergizi mempunyai peran penting dalam menunjang kesehatan organ penting dalam tubuh.

Sebagai manusia, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Dalam hal ini, salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya adalah ginjal. Mengapa? karena ginjal merupakan organ penting yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh.

Mulai dari menyaring racun dalam darah, menyeimbangkan cairan tubuh, hingga mengontrol produksi sel darah merah, dan masih banyak lagi.

Jika organ ginjal tidak sehat, fungsi-fungsi tersebut akan terganggu sehingga akan berpotensi menyebabkan munculnya berbagai penyakit atau masalah kesehatan yang serius.

Maka dari itu, langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi.

Dilansir dari tempo.com, menurut Healthline, ada lima jenis makanan yang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

 

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Hal ini karena brokoli mengandung vitamin C, asam folat, dan serat yang cukup tinggi. Selain itu, juga diketahui mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan hati dan mampu menetralisir senyawa beracun dalam tubuh.

 

  1. Kol

Selain brokoli, sayur kol juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal. Sayuran jenis ini dipercaya mengandung berbagai jenis fitokimia yang bersifat antioksidan. Sifat antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti disfungsi ginjal, kanker, dan masalah kardiovaskular lainnya.

 

  1. Bawang Putih

Seseorang yang mempunyai masalah dengan kesehatan ginjal biasanya akan disarankan untuk membatasi jumlah konsumsi natrium dalam makanan, termasuk garam tambahan. Nah, salah satu alternatif pengganti garam adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Bawang putih sangat kaya akan nutrisi dan dapat pula menambah rasa pada hidangan . Perlu diketahui bahwa di dalam bawang putih terdapat sumber mangan, vitamin C, vitamin B6, dan senyawa sulfur yang sangat diperlukan dalam tubuh.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

 

  1. Putih Telur

Pada dasarnya, kuning telur dan putih telur sama-sama merupakan makanan yang sehat danย  bergizi. Namun, di dalam kuning telur terdapat kandungan fosfor yang cukup banyak. Jadi, untuk menjaga kesehatan ginjal, putih telur adalah pilihan terbaik. Putih telur menyediakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk ginjal.

 

  1. Anggur Merah

Anggur merah mengandung ragam nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, terutama untuk kesehatan ginjal. Tidak hanya lezat, buah ini juga mengandung vitamin C tinggi yang disebut flavonoid yang dipercaya mampu meminimalisir peradangan. Selain itu, anggur merah tinggi akan resveratrol yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal, jantung, serta dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Wahyu Fajar Lestari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com