JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kaesang Ingin Terjun ke Politik, Jokowi: Saya Enggak akan Ikut-ikut

Presiden Jokowi, Iriana dan Kaesang Pangarep dalam rangkaian prosesi siraman / Foto: Prihatsari
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Kaesang Pangarep menyampaikan kepada dirinya terkait ketertarikan untuk terjun ke dunia politik. Menangggapi hal itu, sebagai seorang ayah, Jokowi pun memberikan kebebasan kepada putranya tersebut.

“Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan kepada mereka,” ujar Jokowi saat ditemui usai mengumumkan dimulainya kick off di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu, (29/1/2022).

Kakek Jan Ethes itu mengaku dirinya sama sekali tidak mempengaruhi atau mengambil keputusan soal ketertarikan Kaesang tersebut.

“Karena mereka sudah punya keluarga sendiri, harus bertanggung jawab, harus bisa memutuskan sendiri, saya enggak akan ikut-ikut,” ujar dia.

Sebelum Kaesang, putra Jokowi lainnya sudah lebih dulu terjun ke politik yaitu Gibran Rakabuming Raka. Gibran masuk PDIP, seperti ayahnya, dan kini jadi Wali Kota Solo.

Gibran pun yang pertama mengungkap keinginan adik bungsunya, Kaesang, yang cukup membuat terkejut keluarga besarnya, termasuk Jokowi. Gibran menuturkan, Kaesang menyatakan tertarik untuk ikut terjun ke dunia politik.

Baca Juga :  Kerbatasan Fisik Tak Menghalangi Semangat Penyandang Tuna Netra Ini Lakukan Tadarus Al Quran

Gibran mengemukakan keinginan itu disampaikan Kaesang saat makan bersama keluarga besar di kediaman Jokowi di Solo, Senin, 23 Januari 2023.

“Saya ya kaget dia secara terbuka menyampaikan ke saya bahwa dia ada ketertarikan ke dunia politik,” ucap Gibran kepada awak media di Balai Kota Solo, Selasa, 24 Januari 2023.

Tidak hanya dirinya, Gibran mengungkapkan sang ayah dan ibu, Iriana Jokowi, juga tampak kaget mendengar keinginan Kaesang itu. Ditanya alasan Kaesang, Gibran mengaku tidak tahu-menahu.

“Ndak (Tidak) tahu saya, saya kan baru dengar kemarin. Biasane ora tau ngomongke (biasanya tidak pernah membicarakan) itu,” tuturnya.

Jokowi kaget dengan minat Kaesang

Ditanya tentang komentar Jokowi setelah mendengar keinginan Kaesang, Gibran hanya mengatakan sang ayah juga kaget.

“(Jokowi) Kaget. Setelah kaget, ya lanjut makan lagi,” kata Gibran.

Meskipun Kaesang Pangarep sempat mengutarakan ketertarikannya ke dunia politik, Gibran mengatakan kemungkinan sang adik masih dalam taraf penjajakan.

“Ketoke (kelihatannya) Kaesang masih penjajakan, masih tanya-tanya. Tapi memang dia kemarin mengatakan ‘pengen’ gitu,” ucap dia lagi.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Gibran pun menduga bahwa ketertarikan Kaesang kepada dunia politik muncul setelah sering diajak atau dilibatkan untuk melihat kondisi perkembangan pembangunan kota dalam berbagai kegiatan, terutama di Kota Solo.

Sementara itu, analis sosial politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menyebut masuknya Gibran Rakabuming ke politik merupakan bagian dari praktik dinasti politik yang bersembunyi di balik politik elektoral. Setelah Gibran, kini Kaesang disebut-sebut berminat masuk politik.

Menurut Ubedilah, jenis dinasti ini mengesankan seseorang dipilih oleh rakyat melalui pemilu, tetapi motif sesungguhnya adalah membangun dinasti politik agar keturunannya terus berkuasa dan menguasai sumber daya untuk kelangsungan kekuasaan diri dan keluarganya.

“Jadi jika Gibran, Kaesang, dan lain-lainya keluarga Jokowi untuk maju mengikuti kontestasi secara politik liberal, secara aturan, boleh. Tetapi mereka bisa masuk kategori model baru politik dinasti,” kata Ubedilah dalam keterangannya, Sabtu, 28 Januari 2023.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com