JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Nilai Revitalisasi Solo Safari Ternyata Fantastis, Capai Rp 65 miliar

Presiden Jokowi sembari menggandeng cucunya, Jan Ethes saat meninjau kebun binatang Solo Safari / Foto: Biro Setpres
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebelum dibuka untuk umum pada Jumat (27/1/2023) besok, kebun binatang Solo Safari telah dikunjungi terlebih dulu oleh Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Iriana dan kedua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, Senin (23/1/2023).

Usai mengunjungi kebun binatang yang telah selesai pengerjaan revitalisasi fase 1 tersebut, Presiden Jokowi mengaku cukup puas dengan revitalisasi yang dikerjakan oleh PT Taman Safari Indonesia.

“Saya lihat sangat bagus, meskipun belum selesai. Sudah kelihatan akan menjadi sangat bagus dan menjadi destinasi wisata baru di Kota Solo,” ujarnya pada awak media.

Sementara itu Deputi Direktur Taman Safari Indonesia, Hans Manansang, membenarkan bahwa Presiden telah melihat revitalisasi kebun binatang yang dulunya bernama Taman Satwa Taru Jurug tersebut.

Baca Juga :  Lapor Progres Dana Hibah Dari UEA, Gibran Cuti 5 Hari untuk Kunjungi Qatar dan UEA

“Ya, kami tunjukkan perubahan dari Taman Satwa Taru Jurug sebelumnya dengan yang sudah diubah bagaimana kami menatanya dan kondisinya berbeda dengan sebelumnya. Bapak merasa sudah melihat, nanti potensinya akan bagus. Ya yang ada sekarang sudah menuju ke arah yang benar dan baik,” terang Hans.

Hans lalu menjelaskan untuk persiapan pembukaan pada hari Jumat besok. Saat ini tinggal menyelesaikan finishing.

“Persiapannya kami tinggal menyelesaikan finishing. Masih ada penyelesaian bangunan yang mesti kami kejar dengan waktu yang ada. Semoga kami bisa selesai pas tanggal 27,” imbuhnya.

 

Ditanya soal nilai revitalisasi kebun binatang Solo Safari tersebut. Hans menjelaskan revitalisasi fase 1 nilainya mencapai Rp 35 miliar.

“35 miliar fase 1, ini bukan investasi tapi donasi. Awalnya kajian kami Rp 175 milliar. Jadi dengan Rp 35 miliar, gimana caranya bisa dapat dengan cukup baik dengan harga ekonomisnya. Kami usahakan fase 2, Rp 30 miliar lagi. Total jadi Rp 65 miliar, karena luas. Kalau luas budget kecil kita ga bisa gerak, kurang optimal,” tandasnya.

Baca Juga :  Unisri Wisuda 488 Mahasiswa, Wisudawan Termuda 21 Tahun, Tertua 46,5 Tahun

Jika pada fase 1 ini pengunjung dapat berada dalam Solo Safari selama 2-3 jam. Maka dalam fase 2 nanti, Hans menyebut pengunjung dapat berada dalam Solo Safari 4-5 jam bahkan bisa sampai seharian.

“Karena semuanya (satwa) ada di sini, lebih lengkap. Kalau menjadi kebun binatang โ€˜terlengkapโ€™ saya rasa tidak. Tapi yang mungkin kebun binatang ini bisa dibanggakan oleh negara, ga kalah sama yang diluar negeri,” pungkasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com