JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pembukaan Solo Safari Ditandai Hinggapnya Elang Bondol, Maskot DKI Jakarta di Tangan Gibran, Simbol Bakal Maju DKI?

Seekor burung elang bondol hinggap di lengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai simbol dibukanya Taman  Solo Safari / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pembukaan Kebun Binatang Solo Safari, setelah selesai direvitalisasi fase 1 Jumat, (27/01/2023) ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan didampingi jajaran Direksi Taman Safari Indonesia.

Selain itu, hinggapnya elang bondol (Maskot DKI Jakarta) di tangan kiri Gibran Rakabuming juga sebagai simbol dibukanya Solo Safari.

Namun, sebelum hinggap di tangan kiri Gibran, elang bondol tersebut sempat merasa kesulitan sampai harus tiga kali hinggap di pohon.

Agus Santoso, Ketua Yayasan Konservasi Margasatwa Indonesia (YKMI) dalam sambutannya mengapresiasi dibukanya Solo Safari tersebut.
“Project yang seharusnya diselesaikan dalam waktu satu tahun dengan tantangan cuaca bisa diselesaikan dalam waktu 6 bulan. Semua yang bekerja keras luar biasa, apresiasi terhadap tim,” ujarnya.

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

Menurut Agus, di Solo Safari sendiri saat ini ada 87 jenis satwa endemik dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan merupakan satwa yang terancam punah.

“Solo Safari bukan kebun binatang biasa. Tetapi adalah lembaga konservasi, dimana salah satu tujuannya adalah melakukan briding atau perbanyakan satwa yang terancam punah. Seperti tapir, komodo, anoa, orang utan. Jadi binatang endemik Indonesia yang sangat berharga yang harus kita jaga dan kita upayakan kembangbiakan,” jelas Agus.

Sementara itu Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyebut, masih ada beberapa pekerjaan yang harus dikejar pada pembukaan di fase 1.
“Kita kejar lion caffe dan lain-lain. Kita kejar dalam minggu-minggu ini. Tapi saat ini Solo Safari sudah bisa dikunjungi untuk umum,” ujarnya.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Disinggung soal harga tiket, Gibran memastikan tidak akan ada kenaikan harga jika nanti revitalisasi sudah selesai fase 2, akhir taun 2023.

“Tiketnya ga akan naik di fase kedua, tenang aja. Nanti juga akan ada beberapa tambahan exibit sama foodcourt tambahan. Untuk acara-acara nanti setiap akhir pekan biar kolaborasi sama disbudpar,” katanya.

Soal Elang Bondol, maskot Jakarta yang dipilih sebagai simbolis pembukaan Solo Safari, Gibran menampik pemilihan satwa sebagai pertanda maju Pilgub DKI.

“Lha mosok meh karo ondel-ondel. Ini termasuk binatang kita, gak ada hubungannya dengan DKI,” pungkasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com