JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pura Mangkunegaran Kembali Berbenah, Prabowo Akan Bantu Revitalisasi Kavallerie Artillerie di Pura Mangkunegaran

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan ke Pura Mangkunegaran dengan didampingi Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Mangkunegara X / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyebut Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto akan membantu revitalisasi Kavallerie Artillerie yang dulunya merupakan markas pasukan berkuda Legiun Mangkunegaran.

“Pak Prabowo dua kali  ke sana, lho. Artinya beliau mau membantu sesuatu di Kavallerie. Iya diperbaiki, nanti biar Gusti Bhre aja yang berstatemen. Beliau ingin mengembalikan ke bentuk asli, dananya nanti ada,” ujar Gibran usai groundbreaking Museum Budaya, Sains, dan Teknologi Bengawan Solo, Rabu (25/1/2023).

Gibran pun menilai bangunan Kavallerie Artillerie tersebut juga banyak yang sudah rusak dan rapuh.

Baca Juga :  Saling Sindir, Disebut Hasto Selalu Berbohong, Gibran: Pak Hasto Bahasanya Selalu Meresahkan

“Banyak yang rapuh, hampir semua, ngeri-ngeri makanya harus kita sentuh,” imbuhnya.

Selain itu niat Prabowo untuk membantu revitalisasi bangunan Kavallerie Artillerie juga dikarenakan eyang Prabowo yang juga merupakan salah satu menteri keuangan.

“Intine Pak Prabowo dulu eyangnya salah satu menteri keuangan. Beliau ingin memberikan sumbangsih ke Mangkunegaran lah ya. Dikembalikan bentuk awal, itu nanti yang jelas kembali jadi parkir kuda, naruh senjata-senjata. Depan Pamedan dulu juga kan harusnya pasir untuk berkuda,” pungkas Gibran.

Sementara itu, KGPAA Mangkunegara X usai mendampingi kunjungan, sebelumnya menyebut bahwa Prabowo sangat tertarik dengan sejarah
Kavallerie Artillerie.

Baca Juga :  Mulai Jajakan Foto Bingkai Prabowo-Gibran, Pedagang di Solo Sudah Dapat 300 Pesanan

“Beliau sangat tertarik dengan bangunan Kavalerrie. Kavalerrie merupakan bangunan yang sangat iconic dalam sejarah keprajuritan Mangkunegaran,” ujarnya.

Kemudian ketika ditanya apakah nanti akan ada revitalisasi bangunan Kavalerrie, Gusti Bhre menjawab akan direvitalisasi namun pelan-pelan atau bertahap.

“Saat ini posisi Kavalerrie kosong, harapannya nanti bisa diperbaiki. Jadi kita pelan-pelan, dari Pracima dan tentu harapannya di Kavalerrie bisa ditata tahun ini. Karena ini bangunan bersejarah dan sangat unik,” pungkasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com