JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Opini

Rehabilitasi Pasien Pasca Covid-19

Rosma Karinna Haq, S.Kep.,Ns., M.Kep. Perawat RSUD Dr. Moewardi / Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Covid-19 merupakan penyakit infeksi yang menyebabkan gangguan pernapasan, yang dampaknya dapat berakibat pada disfungsi fisik maupun psikologis.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa pasien Covid-19 dengan waktu rawat inap yang lama seringkali mengalami gejala kelemahan otot, gangguan keseimbangan, keterbatasan mobilitas fisik, nyeri sendi, leher dan bahu sampai terganggunya aktivitas fisik.

Karena itulah, proses rehabilitasi penting dilakukan bagi pasien pasca Covid-19. Program rehabilitasi dapat membantu memulihkan fungsi fisik dan pernapasan, mengurangi kecemasan serta depresi, terutama pada pasien pasca Covid-19 dengan penyakit penyerta.

Tujuan lain dari program rehabilitasi pasien pasca Covid-19 adalah memperbaiki gejala sesak napas, mencegah komplikasi dan kecacatan, mempertahankan fungsi tubuh secara maksimal dan meningkatkan kualitas hidup.

Rehabilitasi yang diajarkan kepada pasien pasca Covid-19 meliputi rehabilitasi pernapasan, pendidikan pola hidup sehat, mendorong pasien untuk berpartisipasi dalam kegiatan keluarga atau kegiatan sosial.

Rekomendasi untuk rehabilitasi pernapasan, meliputi:

(1) Latihan aerobik berupa jalan kaki, jalan cepat, jogging, berenang dan sebagainya.

Kegiatan ini dilakukan mulai dari intensitas rendah, yang secara bertahap ditingkatkan ke intensitas sedang hingga intensitas tinggi.

Latihan aerobik dilakukan dengan durasi 3 sampai 5 kali per minggu, dimana setiap kali latihan dilakukan selama 20 sampai 30 menit (latihan intermitten dapat digunakan pada pasien yang beresiko terjadi kelelahan).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com