JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tak Semata Gorengan, Ini Sederet Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi

Ilustrasi makanan yang sedang digoreng. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Lemak jenuh terdapat dalam berbagai makanan, baik makanan gurih maupun manis. Lemak jenuh telah lama dikenal tidak baik untuk kesehatan.

Sumber lemak jenuh meliputi hewani dan nabati. Sumber hewani termasuk daging, produk susu, serta beberapa makanan nabati seperti minyak sawit dan minyak kelapa.

Melansir laman Cleveland Clinic, Ada berbagai jenis minyak yang meliputi, lemak sehat dan tidak sehat. Lemak tidak sehat ini mengingkatkan kadar kolesterol buruk, yang membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke.

Lemak jenuh menjadi salah satu jenis lemak tidak sehat yang biasa ditemukan pada mentega, susu, yoghurt, keju, lemak hewani, daging, kulit unggas, minyak kelapa, dan minyak sawit.

Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh
Tingginya kadar lemak jenuh dari fast food seperti burger, pizza atau gorengan dalam jumlah berlebihan menyebabkan kolesterol akan disimpan di dinding arteri, sehingga mencegah aliran bebas darah dengan jantung melalui berbagai tubuh.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Mengutip laman stylecraze.com, berikut sejumah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi:

1. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, bacon, dan lainnya mengangdung tinggi sodium dan lemak jenuh. Selain itu, terdapat kandungan lemak hewani yang juga tidak membuatnya tidak sehat jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan terus menerus. Konsumsi jamur, tahu, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak seperti dada ayam untuk mendapatkan protein sebagai daging olahan.

2. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng dikenal karena kandungan lemak jenuh dan transnya yang tinggi serta efek buruknya terhadap kesehatan. Makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, dan makanan yang digoreng dengan adonan sama sekali tidak sehat dan harus dihindari. Solusinya, Anda bisa menggunakan tepung jagung, tepung beras, atau tepung bebas gluten sebagai adonan untuk menggoreng makanan.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

3. Susu, Krim, dan Susu Penuh Lemak

Mengutip lama themanual.com, produk susu penuh lemak mengandung jumlah lemak jenuh tertinggi. Krim kocok misalnya menduduki puncak dengan 23,2 gram lemak jenuh per cangkir. Krim dan es krim juga tinggi lemak jenuhnya karena mengandung lebih banyak lemak daripada susu. Susu murni mengandung 9,1 gram per cangkir.

4. Kue, Kue Kering, Donat, dan Pai

Tergantung pada bahan spesifik yang digunakan, kue olahan dan kemasan bisa mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi. Kue yang dibuat dengan banyak mentega atau yang berbahan dasar krim akan lebih tinggi lemaknya.

Kue yang dipanggang seperti cake, donat, pai, dan lainnya cenderung tinggi lemak jenuhnya karena biasanya dibuat dengan mentega. Makanan yang dipanggang dalam kemasan juga berkaitan dengan kondisi kesehatan yang merugikan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com