JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Batman, Superman dan Supergirl Ikut Ramaikan Padusan di Umbul Guyangan Karangduwet Bendan Banyudono Boyolali

Superhero biasa dikaitksn dengan aksi memberantas kejahatan. Namun kali ini Batman, Superman dan Supergirl mendatangi Umbul Guyangan, Dukuh Karangduwet, Bendan, Banyudono, Boyolali. Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Superhero biasa dikaitksn dengan aksi memberantas kejahatan. Namun kali ini Batman, Superman dan Supergirl mendatangi Umbul Guyangan, Dukuh Karangduwet, Bendan, Banyudono, Boyolali.

Ya, aksi pada Rabu (22/3/2023) hari ini khusus untuk meramaikan acara padusan jelang Ramadhan atau bulan puasa.
Mereka juga membagikan balon, snack hinggga buku cerita gratis. Aksi superhero goes to padusan ini disambut meriah anak-anak dan pengunjung.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Resto Kusuma Rasa, Kali Guyangan, Desa Bendan. Tak hanya nguri-uri budaya, tapi juga terselip edukasi literasi pada anak-anak.

Superhero Superman, Danar Wicaksono, mengaku senang bisa ikut terlibat padusan. “Ini aksi kerjasama dengan Resto Kusuma Rasa. Kita kembali untuk membangkitkan tradisi padusan yang sempat dua tahun pandemi, dan pelaksanaannya kurang greget. Kini sudah aman dan superhero datang jadi anak-anak senang lagi dan nguri-nguri tradisi padusan,” katanya.

Baca Juga :  Jaga Silaturahmi dan Kerukunan, Ratusan Guru dan Tenaga Kependidikan di Boyolali Ikuti Halal Bihalal

Selain itu, dia menyisipkan kegiatan literasi agama dan membaca. Dia memancing pengetahuan anak-anak tentang nabi dan ajaran Islam. Utamanya, doa-doa seperti niat puasa, berbuka dan lainnya. Danar juga menceritakan kisah nabi-nabi dan memberikan pertanyaan seputar Agama Islam.

“Kita bagikan 20 buku cerita dan kisah nabi. Biar tahu kalau ini tradisi menyucikan diri menyabut puasa dna mereka tahu nabi-nabinya dan kita kasih pertanyaan dan mereka antusias jawab. Jadi ini kami juga berikan nilai literasi gaya baru,” lanjutnya.

Pemilik Resto Kusuma Rasa, Rima Kusuma Prasetyaningrum, mengatakan, kegiatan ini digelar tiap tahunnya. Ini kali kedua dilakukan edukasi dan nguri budaya padusan di Umbul Guyangan yang bersebelahan dengan restonya. Ditambah lagi, animo padusan di Pengging, Banyudono tinggi pasca pembatasan selama pandemi.

Baca Juga :  Memprihatinkan, Prasasti Sarungga di Cepogo, Boyolali  Merana, Belum Dilindungi Secara Arkeologis

“Ada superhero yang datang, maka animo makin tinggi. Gak cuma nguri-nguri tradisi padusan tapi juga memberikan edukasi dan mengingatkan cerita-cerita nabi serta doa-doa bagi anak-anak. Apalagi ada hadiah-hadiah yang dibagikan. Jadi kami ingin mengadakan tiap tahunnya karena ini tradisi budaya,” ujarnya.

Salah satu anak kelas 3 SD asal Banyudono, Marvel, mengaku senang dengan kedatangan superhero. “Tadi dapat balon sama buku dari Superhero. Senang banget bisa dapat hadiah,” ujarnya sembari memamerkan hadiah. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com