JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Satgas Penanganan Karhutla Wonogiri Gelar Apel, Ternyata Begini Tujuannya

Karhutla
Apel gelar pasukan satgas penanganan karhutla Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah memimpin apel gelar pasukan satgas penanganan karhutla di Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Rabu (24/8/2023) pagi.

Apel gelar pasukan satgas penanganan karhutla ini diikuti oleh personel TNI-POLRI, stakeholder terkait, serta pasukan penanggulangan karhutla dari berbagai instansi.

Dalam sambutannya, Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah menekankan bahwa musim kemarau ini potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Wonogiri sangatlah tinggi. Oleh karena itu, ia meminta semua pemangku kepentingan meningkatkan koordinasi antar pemerintah dan memastikan kesiapan peralatan serta petugas penanggulangan karhutla.

Baca Juga :  Giriwoyo Wonogiri Gencar Basmi Sarang Nyamuk Fogging dan Edukasi 3M

“Kami juga meminta agar seluruh masyarakat Wonogiri tidak membuka lahan dengan membakar,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah mengungkapkan, karhutla merupakan masalah serius yang harus menjadi perhatian bersama. Dampak yang luas dari kebakaran ini, antara lain kerusakan ekosistem dan sumber daya alam, gangguan produktivitas masyarakat, serta terganggunya sektor perekonomian.

Oleh karena itu, Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah memerintahkan jajarannya untuk melakukan berbagai langkah deteksi dini dan mitigasi karhutla.

Langkah-langkah tersebut, antara lain:

-Inventarisasi kembali lokasi atau titik-titik rawan terjadinya karhutla

-Melakukan monitoring hotspot dan segera verifikasi ground check untuk segera memadamkan api
-Membangun pengetahuan masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi
-Optimalisasi dan kolaborasi berbagai pilar, baik kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, relawan, dan masyarakat untuk mencegah dan menangani karhutla
-Dorong persiapan sarana dan prasarana berbagai pihak untuk mencegah dan mengefektifkan penanganan karhutla
-Utamakan keselamatan masyarakat

Baca Juga :  Bahaya dan Manfaat Minum Es Saat Musim Kemarau, dari Bikin Pilek hingga Ringankan Nyeri

“Dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini, diharapkan agar seluruh personel yang terlibat dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan saya mohon para personel dapat terus menjalin kolaborasi yang harmonis antar satgas, instansi, dan pihak terkait lainnya,” tegas Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com