JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Berdiri Sebelum Tahun 1945, Warung Jangan Lombok Mbah Kliwon Betal Tetap Eksis Meski Pindah Lokasi

Jangan lombok
Menu jangan lombok di warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ternyata Kabupaten Wonogiri Jateng memiliki kuliner legendaris yang tetap eksis bertahan puluhan tahun lamanya, namanya warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal.

Warung ini sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka, tepatnya di Betal Lawas, sebuah desa yang kini tenggelam akibat pembangunan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Saminah (51), keturunan Mbah Kliwon (pendiri warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal), mengatakan warung Mbah Kliwon berdiri sejak sebelum kemerdekaan. Tidak bisa dipastikan kapan tahun berdirinya, yang jelas sudah ada sebelum tahun 1945.

Dulu warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal berdiri di dekat stasiun kereta api Betal Lawas, tidak jauh dari komplek perkantoran Kecamatan Nguntoronadi Wonogiri. Menu andalannya adalah nasi pecel jangan lombok dan lauk tempe.

“Kala itu warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal ramai dikunjungi pembeli. Tak jarang dalam sehari bisa menghabiskan 1,5 kwintal beras,” kata Saminah, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga :  Unik Menarik, Refleksi Jadi Tradisi Dongkrak Kualitas Pembelajaran

Pada tahun 1979, warung ini pindah ke dekat kecamatan Nguntoronadi, tak jauh dari Kantor Kecamatan Nguntoronadi Wonogiri. Kepindahan warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal lantaran Betal Lawas terendam dampak pembangunan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Saat ini warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal buka jam 7 pagi dan tutup jam 10 malam.

“Saat ini warung buka jam 7 pagi tutup jam 10 malam,” beber Saminah.

Ditanya soal harga, dia menyebutkan nasi sayur pecel dan telur seporsi 10 ribu. Menu dan rasa serta cara memasak dan bumbunya tidak berubah sejak awal berdiri. Sayur dimasak menggunakan tungku kayu bakar.

Kini warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal tetap ramai, bahkan sering dipakai reuni bagi warga transmigran dari Betal Lawas dan sebagainya.

Baca Juga :  Terjadi Bencana Jangan Jadi Penonton, Oleh oleh dari Pembentukan Desa Tangguh Bencana alias Destana Desa Jatirejo Girimarto Wonogiri

Kunci Keberhasilan Warung Jangan Lombok Mbah Kliwon Betal

Keberhasilan warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal bertahan puluhan tahun lamanya dapat dilihat dari beberapa faktor, antara lain:

Kualitas rasa yang konsisten. Warung ini tetap mempertahankan rasa dan kualitas makanannya sejak awal berdiri.
Lokasi yang strategis. Warung ini terletak di dekat Kantor Kecamatan Nguntoronadi Wonogiri, sehingga mudah dijangkau.
Pelayanan yang prima. Pemilik dan karyawan warung selalu ramah dan sigap melayani pelanggan.

Warung jangan lombok Mbah Kliwon Betal merupakan salah satu kuliner legendaris di Wonogiri yang tetap eksis hingga saat ini. Keberhasilan warung ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha kuliner lainnya. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com