JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mengamati Berbagai Bau Mulut dan Masalah Kesehatan di Baliknya

Ilustrasi bau mulut. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur merupakan hal lazim yang dilakukan banyak orang buntuk mengusir bau mulut. Memang benar, bau mulut yang bersumber dari mulut akan hilang untuk berberapa waktu.

Tetapi kadang kala, meski telah menggosok gigi dengan pasta gigi atau kumur dengan obat kumur, bau mulut tetap saja tidak hilang. Apa penyebannya? Sebenarnya ada sumber bau mulut yang susah dihilangkan karena terkait dengan masalah kesehatan.

Dokter gigi Neil Sikka dari Bupa Dental Care di Inggris menyebutkan empat jenis bau mulut yang mesti diwaspadai. Berikut penjelasannya kepada Express.co.uk.

Bau tak sedap

Disebut juga halitosis yang dialami satu dari empat orang. “Bau tak sedap yang susah hilang disebabkan banyak faktor, termasuk kebersihan gigi yang buruk, kerusakan gigi, penyakit gusi, atau kondisi medis lain macam infeksi saluran napas dan diabetes. Seperti halnya mendengkur, kita sering menganggapnya tai penting tapi akan lebih baik jika memeriksakannya,” ujar Sikka.

Baca Juga :  Perlancar BAB dengan 5 Minuman Ini

Bau manis

Bau manis seperti buah adalah sinyal ketoasidosis yang biasa muncul pada pasien diabetes. Badan Kesehatan Inggris (NHS), menggambarkan aroma ini seperti permen atau penghilang cat kuku.

“Napas seperti bau buah atau permen bisa mengindikasikan diabetes yang tak terkontrol dan penderitanya harus periksa ke dokter. Penderita diabetes lebih berisiko terkena penyakit gusi dan infeksi bisa meningkatkan kadar gula darah,” papar Sikka.

Tanda lain ketoasidosis adalah:
– Merasa haus
– Lebih sering kencing
– Sakit perut, mual
– Diare
– Bernapas lebih dalam dari biasanya
– Merasa lelah, mengantuk, dan bingung
– Pandangan buram

Bau seperti amonia

Menurut Sikka, bau ini bisa mengindikasikan sesuatu yang fatal. “Napas berbau seperti amonia atau kencing terkait masalah ginjal atau liver,” ujar Sikka.

Baca Juga :  Meminimalisir Dampak Risiko Sakit Kritis, Saatnya Miliki Asuransi Ini

Menurut Yayasan Ginjal Nasional, bau seperti amonia bisa menjadi pertanda penyakit ginjal kronis stadium lanjut. “Kesehatan mulut yang buruk bisa memicu kanker hati dan ketika liver sudah terkena makan fungsinya juga akan menurun,” kata Sikka.

Tanda lain masalah liver adalah:
– Merasa lelah dan lemah sepanjang waktu.
– Kehilangan nafsu makan yang membuat berat badan turun.
– Kehilangan gairah seks atau libido.
– Kulit dan mata menguning.
– Kulit gatal
– Tidak enak badan

Bau seperti metal

Bau napas seperti ini adalah tanda penderitanya harus ke dokter. “Bau mulut seperti metal bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan seperti masalah pencernaan, infeksi saluran pernapasan, gejala masalah medis lain. Jika mengalaminya, segera periksakan diri,” saran Sikka.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com