JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cegah Dehidrasi Akibat Cuaca Panas dengan Makan Buah-buahan Ini

Ilustrasi buah semangka. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Cuaca panas sedikit banyak dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Selain menyebabkan rasa gerah, cuaca panas juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti dehidrasi, heatstroke, iritasi kulit, hingga demam tinggi.

Salah satu untuk menanggulangi efek buruk dari cuaca panbas adalah dengan menjaga pola makan. Mengonsumsi buah yang tepat akan membantu tubuh agar tetap terhidrasi.

Berikut ini 8 Rekomendasi Buah Untuk Mencegah Dehidrasi

1. Semangka

Semangka adalah buah favorit dan terkenal yang dikonsumsi saat cuaca panas tiba. Selain menjadi cemilan sehat dikala panas, buah ini ternyata mengandung 90-92 persen air yang kaya nutrisi, seperti B6, vitamin C, potasium, dan vitamin A. Antioksidan yang ada dalam semangka juga bagus untuk kesehatan jantung dan mencegah kerusakan sel.

2. Stroberi

Buah berwarna merah yang memiliki rasa manis dan asam ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Satu buah stroberi dapat mengandung 91 persen air. Stroberi juga kaya akan antioksidan yang baik bagi pengendalian gula darah. Buah ini bagus dikonsumsi secara mentah.

Baca Juga :  Sederet Minuman Ampuh Menghilangkan Peut Kembung yang Bisa Dibuat Sendiri

3. Apel

Dilansir dari Healthline, apel menjadi salah satu buah yang terkenal di dunia. Apel berukuran sedang dapat menjadi buah pilihan untuk mencegah dehidrasi karena mengandung 156 gram air. Selain air, buah ini mengandung serat tinggi, antioksidan, dan vitamin C. Apel juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dimakan mentah, di jus, atau minuman lainnya.

4. Mangga

Saat merasa kulit terasa kering dan tubuh yang dehidrasi, memakan mangga dapat menjadi pilihan. Sebab, buah ini mengandung air sebanyak 83 persen. Mangga terkenal kaya dengan vitamin A yang dapat menormalkan produksi sel-sel kulit.

5. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk ternyata menjadi buah yang dapat meningkatkan hidrasi. Mengandung air sebanyak 88 persen dan serat yang tinggi. Kandungan air pada jeruk dipercaya dapat mencegah batu ginjal.

Baca Juga :  Sederet Minuman Ampuh Menghilangkan Peut Kembung yang Bisa Dibuat Sendiri

6. Persik

Kandungan air yang dimiliki persik hampir sama dengan semangka, yaitu hampir menyentuh angka 90 persen. Buah yang memiliki daging padat ini kaya akan nutrisi dan dapat menghidrasi tubuh. Kandungan vitaminnya, yaitu vitamin A, vitamin B, dan Vitamin C.Orang-orang biasanya memakan buah persik dengan tambahan yogurt atau dijadikan smoothie.

7. Nanas

Nanas adalah salah satu buah tropis yang mengandung air sebesar 85 persen. Nanas dikenal memiliki vitamin, enzim, dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Nanas cocok untuk dikonsumsi sebagai jus, salad, ataupun camilan sehat.

8. Aprikot

Buah aprikot ini dapat membantu kulit seseorang agar terlindungi dari radiasi ultraviolet akibat cuaca panas yang berlebih. Satu cangkir aprikot dapat mengandung 2 per 3 air. Keuntungan kesehatan lainnya saat mengonsumsi buah ini, yaitu menjaga pencernaan, penglihatan yang sehat, dan membantu saluran pencernaan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com