JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kekeringan Wonogiri, Yayasan Rumpun Muslim Jatisrono Serahkan Bantuan Air Bersih untuk Wilayah Terdampak

Kekeringan
Penyerahan bantuan air bersih dampak kekeringan Wonogiri dari Yayasan Rumpun Muslim Jatisrono. Dok. Panitia
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Yayasan Rumpun Muslim Jatisrono menyerahkan bantuan air bersih kepada Baitul Mal Mitra Usaha Mandiri Wonogiri untuk disalurkan ke daerah yang mengalami kekeringan. Bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua Yayasan Rumpun Muslim, Suparno, kepada Ketua Baitul Mal Mitra Usaha Mandiri, Ratna, pada Jumat (27/10/2023).

Suparno mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk komitmen dan amal nyata dari Yayasan Rumpun Muslim untuk peduli kepada sesama manusia.

“Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” ujar Suparno.

Yayasan Rumpun Muslim yang terdiri dari RA, SD, SMP, dan Pondok Pesantren mengumpulkan dana dari murid, wali murid, dan warga sekitar selama 5 hari, mulai tanggal 20 hingga 24 Oktober 2023. Jumlah donasi yang terkumpul sebesar Rp2.455.000.

Baca Juga :  Kearifan Lokal Gempa Bumi di Wonogiri, Keluar Rumah Kentongan dan Bedug Masih Lestari

Ratna mengatakan bahwa bantuan air bersih tersebut akan disalurkan ke daerah terdekat dari Kecamatan Jatisrono, yaitu Kecamatan Jatiroto.

“Insyaallah dalam beberapa hari ke depan akan disalurkan air bersih ke beberapa desa di Jatiroto yang mengalami kekeringan,” ujar Ratna.

Suparno dan Ratna berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan.

Keringnya Sumber Air di Wonogiri

Baca Juga :  Anak TK Pengin Jadi Anggota Dewan, Diundang PIIAD Wonogiri Sekalian Kartinian, PAP? Ini Loh

Keringnya sumber air menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat di Wonogiri. Hal ini disebabkan oleh kemarau panjang yang melanda wilayah tersebut.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Wonogiri termasuk salah satu wilayah di Jawa Tengah yang mengalami kemarau panjang.

Keringnya sumber air menyebabkan kesulitan bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Masyarakat di daerah yang mengalami kekeringan harus menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan air bersih.

Bantuan dari Yayasan Rumpun Muslim ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com