JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Buah Talok untuk Kesehatan, Apa Saja?

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buah kersen atau talok merupakan buah berbentuk bulat dan berukuran kecil, jika sudah matang akan berubah warna menjadi merah.

Tanaman kersen banyak yang tumbuh liar dan ada juga yang sengaja ditanam sebagai peneduh. Buahnya yang memiliki rasa manis banyak disukai orang dari anak-anak hingga orang tua.

Pada umumnya buah ini tidak diperjualbelikan, meski demikian buah berukuran mini ini, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari dinkes.badungkab.go.id, berikut manfaat buah kersen atau talok:

1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi timbul akibat tubuh kekurangan cairan dan kadar gula tertentu, untuk itu diperlukan cairan yang membantu mengembalikan kondisi prima tubuh. Buah kersen memiliki kadar air dan gula yang banyak, dalam beberapa studi kasus buah ini ampuh itu mengurangi efek dehidrasi di dalam tubuh.

Baca Juga :  Mengonsumsi Gula Berlebihan Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Cara Membatasinya

2. Mengurangi Intensitas Kram pada Perut

Kram yang terjadi pada perut tentunya akan sangat menyiksa dan membatasi gerak, penderita harus menghentikan aktivitas yang melibatkan otot secara berlebihan. Selain itu, kram dapat diringankan dengan mengonsumsi zat anti-inflamasi serta antiseptik yang terkandung di dalam buah kersen.

3. Atasi Penyakit Anemia

Buah kersen kaya sekali akan zat besi yang bagus sekali dalam memproduksi sel-sel darah merah atau dikenal dengan nama medis eritrosit. Eritrosit yang cukup akan mampu atasi masalah anemia. Gangguan anemia akan membuat manusia merasa lemah, letih, lesu, dan kurang tidur di malam hari.

Baca Juga :  Ternyata ini Penyebab Orang Mengantuk Setelah Makan

4. Memperbaiki Imunitas Tubuh

Jika tubuh sering sakit, bisa menjadi tanda bahwasannya tingkat imunitasnya rendah. Imunitas tubuh dapat diperbaiki dengan rajin mengonsumsi nutrisi yang kaya akan senyawa bioaktif flavonoid dan juga vitamin C. Buah kersen memiliki dua kandungan itu di dalam dagingnya, dan bagus jika dikonsumsi rutin.

5. Cegah Kanker

Sifat antibakteri yang ada di dalam buah kersen juga baik dalam atasi gejala kanker dalam sel tubuh. Biasanya kersen diminum segar setelah dihaluskan dengan mesin prosessor, kandungan antibakteri semakin aktif jika kondisi buah kersen masih segar dipetik dari pohonnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com