JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pantai di Wonogiri Dikembangkan Seperti Pacitan dan Gunungkidul, Mungkinkah?

Pantai sembukan
Eksotisme Pantai Sembukan Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wonogiri memiliki deretan pantai ciamik yang mirip dengan kawasan Gunungkidul DIY maupun Pacitan Jatim. Hal itu cukup beralasan mengingat Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan merupakan tiga daerah tetangga sejalur dengan karakteristik topografi serupa.

Bedanya, pantai di Gunungkidul dan Pacitan sudah dikembangkan hingga menarik kedatangan pengunjung maupun investor.

Pertanyaannya mungkinkah pantai di Wonogiri dikembangkan seperti Gunungkidul dan Pacitan?

Untuk diketahui sederet pantai di Wonogiri berada di Kecamatan Paranggupito, sebut saja Pantai Klothok, Sembukan, Nampu, Kalimirah, Watu Payung, Waru, dan lainnya.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Dua pantai di Wonogiri yang disebut paling awal sudah kelar direvitalisasi.

Pembangunan Pantai Klotok dan Sembukan telah selesai. Revitalisasi dua pantai senilai Rp 10 miliar itu diresmikan Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Bupati Jekek di Pantai Klottok, Wonogiri, Minggu (28/1/2024).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, revitalisasi Pantai Klotok itu menjadi pilot project pengembangan wisata pantai di masa mendatang. Kalau sudah terbangun kesadaran masyarakat bahwa ini adalah aset yang harus ditata, dikelola dan dimanajerial, mengembangkan pantai di Wonogiri sangat mungkin dilakukan.

Baca Juga :  Menjaga Kebiasaan Pola Makan Teratur Setelah Ramadhan, Tetap Sehat dan Bugar

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menerangkan, pemerintah daerah diberi otoritas mengelola APBD untuk mengembangkan potensi-potensi guna meningkatkan derajat ekonomi wilayahnya.

“Tes case-nya Pantai Klotok dulu. Kalau masyarakat nanti bisa merawat dengan baik dan mempunyai rasa melu handarbeni, maka destinasi yang lain akan kita kaji, akan kita konsultasikan kepada para ahli. Kalau oke pasti akan kita garap,” ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com