JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Bakal Segera Lantik Hadi Tjahjanto dan AHY sebagai Menteri

Presiden Jokowi melakukan sarapan dengan AHY di Yogyakarta, Minggu (28/1/2024) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Usai ditinggalkan oleh Mahfud MD, posisi Menko Polhukam bakal diisi oleh Hadi Tjahjanto yang sebelumnya merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri  mengatakan soal pelantikan Hadi Tjahjono dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai menteri sebaiknya ditunggu besok.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Jokowi tak membenarkan Hadi Tjahjono akan dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Begitu juga AHY sebagai posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Jokowi disebut-sebut akan melantik Hadi Tjahjanto  sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada Rabu (21/2/2023).

Sumber Tempo di Istana saat dihubungi pada Selasa (20/2/2024), membenarkan Jokowi akan melantik Hadi dan AHY besok.

Baca Juga :  Ini Deretan Kontroversi Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Termasuk Kasus Dugaan Asusila

“Besok ditunggu saja jam 10,” kata Jokowi ditemui usai Peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta Utara, pada Selasa (20/1/2024).

Posisi Menkopolhukam di Kabinet Jokowi diisi sementara oleh Tito Karnavian setelah Mahfud MD resmi berhenti dari jabatannya pada Jumat 2 Februari 2024. Tito, yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri, akan menjabat Menko Polhukam sampai ada menteri definitif.

Jika dilantik sesuai rencana, posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang yang dijabat Hadi akan kosong. Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono siap memenuhi tugas jika mendapat panggilan Presiden Jokowi untuk menjadi menteri.

Baca Juga :  Denny Indrayana Tak Yakin Hakim MK Mau Berkorban dan Jadi Pahlawan demi Selamatkan Demokrasi, Seperti Ini Prediksinya

Herzaky mengatakan reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Demokrat menghormati Jokowi.

“Namanya prajurit, beliau selalu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” katanya saat dikonfirmasi Tempo pada Selasa (20/2/2024).

Sebagaimana diketahui, Demokrat yang dipimpin oleh AHY berada di luar pemerintahan selama hampir 10 tahun Jokowi menjabat sebagai Presiden. Belakangan Demokrat bergabung dengan partai pendukung Jokowi untuk mengusung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Prabowo, Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju, berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka di pemilu 2024. Gibran adalah Putra Sulung Jokowi.

Prabowo-Gibran unggul dari rivalnya berdasarkan hitung langsung Komisi Pemilihan Umum pada Selasa (20/2/2024), pukul 12.05 WIB.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com