JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Produksi Sepatu dan Sandal Mas Tono Asal Sragen Antar Sriyanto Saputro Caleg DPR RI Partai Gerindra Masuk Ke Senayan: Ini Mang Beto Sangu Budal Teng Jakarta

Sriyanto Saputro caleg DPR RI Dapil Jateng IV Sragen, Karanganyar, Wonogiri (kiri) mengunjungi produksi sepatu dan sandal Mas Tono (kanan) di Dukuh Candi RT 12 Rw 3, Desa Bentak, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2024) Foto Huri Yanto
Sriyanto Saputro caleg DPR RI Dapil Jateng IV Sragen, Karanganyar, Wonogiri (kiri) mengunjungi produksi sepatu dan sandal Mas Tono (kanan) di Dukuh Candi RT 12 Rw 3, Desa Bentak, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2024) Foto Huri Yanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bikin terenyuh Sriyanto Saputro anggota DPRD Jawa Tengah dan sekaligus calon DPR RI dapil Jateng IV meliputi kabupaten Sragen, Karanganyar, Wonogiri dari partai Gerindra dibuat terharu dan gregel oleh seorang pengrajin sepatu dan sandal bernama Wartono (43) warga Dukuh Candi RT 12 RW 3, Desa Bentak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Wartono atau akrab dipanggil mas Tono itu mendadak membuat wakil rakyat dari partai Gerindra itu terenyuh dan gregel, pasalnya Tono yang sehari-hari berprofesi sebagai pembuat sepatu dan sandal secara manual serta dengan alat seadanya itu mendadak tergerak hatinya untuk membuatkan sebuah sepatu kulit warna hitam dan dua buah sandal khusus buat sang calon DPR RI 2024 itu untuk duduk di gedung DPR RI Senayan, Jakarta saat dilantik nanti.

Ketelatenan Tono sang pembuat sepatu dan sandal dengan alat sederhana dengan ilmu otodidak yang ia pelajari sewaktu merantau di Pekanbaru Riau sebagai tukang jahit sandal dan sepatu keliling, kini ia gunakan pengalamannya itu untuk memproduksi berbagai model sepatu dan sendal di Sragen, bahkan Tono guna mengantarkan sosok Sriyanto sang wakil rakyat yang terkenal dermawan dan suka membantu wong cilik itu ke kursi DPR sampai membuatkan sebuah sepatu dan sandal khusus.

Sriyanto Saputro caleg DPR RI Dapil Jateng IV Sragen, Karanganyar, Wonogiri mengunjungi produksi sepatu dan sandal Mas Tono di Dukuh Candi RT 12 Rw 3, Desa Bentak, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2024) Foto Huri Yanto

Ditemui Sriyanto Saputro di rumahnya di Desa Bentak, Sidoharjo, Sragen Tono mengatakan awal mula ia merasa kagum, bangga dan respek ketika ia melihat kegiatan-kegiatan Sriyanto blusukan ke desa-desa di Sragen melalui berita JOGLOSEMARNEWS.COM dan channel YouTube Indonesia Ekspos yang memperlihatkan begitu besarnya kepedulian dan keikhlasan kepada warga Sragen hingga ke daerah terpencil mau turun tangan membantu dan mendatangi masyarakat apapun kondisinya.

Baca Juga :  Sambut HUT Sragen Ke 278 Ribuan Anggota Club Motor Bakal Safety Riding Keliling 20 Kecamatan, Berhadiah Sepeda Motor Baru

“Awalnya saya tau pak Sri melihat dari Joglosemar dan YouTube mas Ruri, disitu saya tertarik mengikuti setiap kegiatan pak Sriyanto, dari situlah lama mengikuti pak Sri saya punya ide membuat karya untuk mendukung dan mengantarkan pak Sri ke DPR RI dengan karya tangan saya ini spesial saya membuatkan sepatu dan sandal untuk di pakai pak Sriyanto nanti pada saat dilantik sebagai DPR RI di Jakarta mewakili rakyat dan masyarakat Sragen, Karanganyar, Wonogiri. Ini Mang Beto Sangu Budal Teng Jakarta pak,” kata mas Tono, Minggu (4/2/2024).

Produksi sepatu dan sandal Mas Tono di Dukuh Candi RT 12 Rw 3, Desa Bentak, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2024) Foto Huri Yanto

Selain itu, menurut Tono proses pembuatan sepatu dan sandal itu membutuhkan waktu 1 Minggu lebih dengan bahan kulit, yang ia beli dari bahanya di kota Solo.

Tak hanya itu Tono menceritakan awal mula pembuatan sepatu dan sandal dimulai tahun 1998 mulai menjahit sepatu dan sandal lalu tahun 2000 merantau ke Pekanbaru Riau mulai mengembangkan dari sebelumnya menjahit sandal sepatu lalu ia mencoba membuat sandal sepatu dengan cara ia sendiri.

“Saya modelnya kalau pelanggan mau dibuatkan cukup kirim foto atau model yang diinginkan lalu ukuran sepatunya, nanti saya mulai ukur bahan dan saya cetak serta jahit bahannya, 2019 saya pulang ke Sragen mau balik lagi ke Sumatera orang tua sudah melarang untuk merantau lagi,” bebernya.

Meskipun produknya belum banyak yang tau di wilayah Sragen, namun karya sepatu dan sandal buatan mas Tono ini sudah cukup terkenal dan banyak menerima pesanan dari orang luar Sragen.

Baca Juga :  Polres Sragen Tangkap Pelaku Penipuan Jual Beli Wood Pellet di Facebook, Korban Mengalami Kerugain Mencapai Ratusan Juta Rupiah

“Iya alhamdulillah Sragen mulai mengetahui produk saya, kebanyakan sekarang informasinya dari teman ke teman, lalu kirim gambar baru saya buatkan, nanti saya coba saya pasarkan lewat online tapi saya masih terkendala dengan alat produksinya karena alat saya ini masih manual dan belum mampu memproduksi banyak, harapannya nanti jika Pak Sri terpilih jadi anggota DPR RI nanti bisa lanjut membantu kami mengembangkan usaha ini untuk bantuan mesin jahit dan alat produksi lainnya,” bebernya.

Sriyanto Saputro caleg DPR RI Dapil Jateng IV Sragen, Karanganyar, Wonogiri mengunjungi produksi sepatu dan sandal Mas Tono di Dukuh Candi RT 12 Rw 3, Desa Bentak, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (4/2/2024) Foto Huri Yanto

Sementara itu pada JOGLOSEMARNEWS.COM Sriyanto Saputro berjanji jika terpilih menjadi anggota DPR RI pada 2024 ini, akan membantu dan mendorong produksi sepatu dan sandal buatan warga Sragen itu.

“Saya sangat terkesima dan kaget, dari awal bayangan saya tempat produksinya sudah besar dan modern. Setelah menyaksikan langsung justru hasil produksinya setara dengan hasil produk industri. Meski hanya dengan alat yang bener-bener seadanya, kalau kita melihat kondisi seperti ini memang perlu perhatian untuk lebih berkembang, perlu dibantu segi pemasaran. Apalagi mas Tono mengawali usaha pembuatan sepatu dan sandal ini dimulai dari penjahit sepatu keliling,” imbuhnya.

Sriyanto Saputro juga membeberkan jika besok terpilih menjadi anggota DPR RI 2024 pada saat ia dilantik bakal menggunakan sepatu dan sandal buatan mas Tono warga Sragen tersebut.

“Iya benar, ini akan saya pakai nanti pada saat saya dilantik sebagai anggota DPR RI,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com