JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini 4 Nama yang Disebut-sebut Dibidik Prabowo untuk Menjadi Menkeu, Sri Mulyani Tak Masuk Hitungan

Menteri BUMN, Erick Thohir / tribunnews
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Sri Mulyani kemungkinan besar tidak akan direkrut lagi sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) pada kabinet Prabowo-Gibran.

Hingga kini sudah beredar kabar 4 nama yang santer disebut-sebutoleh media asing, memiliki peluang menjadi Menkeu RI.

Keempat nama tersebut adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Kartika Wirjoatmodjo.

Selanjutnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar.

Dua dari empat nama figur yang disebut, merupakan sosok yang berasal dari Kementerian BUMN maupun perusahaan BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, nama-nama calon yang disebutkan di atas disebut memiliki latar belakang yang baik.

“Kayanya calonnya ada empat (berdasarkan kabar yang beredar). Pak Budi Menkes, Pak Tiko, Pak Mahendra, lalu Pak Royke ya figur-figur yang sangat bagus menurut saya,” ucap Erick saat menghadiri acara ulang tahun Bank Tabungan Negara di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Baca Juga :  4 Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalur Ngawen-Blora

Meski nama-nama tersebut santer diberitakan, namun Erick enggan mengungkapkan siapa sosok yang dinilai sangat pas untuk mengisi kursi Menteri Keuangan.

“(Yang paling cocok) wah saya bukan posisinya untuk menilai itu, pasti ada otoritas yang lebih mengertikan, keempatnya bagus,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Media asing, Bloomberg membocorkan nama yang diincar capres nomor urut 2 Prabowo Subianto untuk menjadi menteri keuangan di masa pemerintahannya mendatang.

Media AS mengungkap ada 4 sosok mantan pejabat bank yang dibidik Prabowo untuk peran Menkeu RI.

Bloomberg menyebut Sri Mulyani tidak akan lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo disebut sedang mempertimbangkan sejumlah tokoh yang berlatar belakang bankir, sebagai Menteri keuangan.

Baca Juga :  Perkuat Distribusi dan Produksi Tingkatkan Market Share, BLESCON Gerak Cepat Ekspansi ke Banjarnegara

Prabowo disebut mencari teknokrat untuk mengamankan pendanaan negara, menjaga kewaspadaan fiskal, serta bisa memenuhi janji kampanyenya.

Sumber-sumber Bloomberg mengatakan 4 nama yang sedang dipertimbangkan adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo.

Kemudian Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar.

Sumber menganggap nama-nama itu cocok untuk peran Menteri Keuangan karena keahlian finansial dan kemampuan memimpin secara efektif.

Namun, Prabowo disebut tak akan menjadikan Menteri Keuangan sebagai posisi tawar-menawar politik.

Pasalnya, jabatan itu disebut di atas politik, sehingga dibutuhkan orang yang teliti dan piawai dalam mengelola anggaran negara.

Kendati demikian, sejumlah sumber Bloomberg mengatakan line-up alias nama-nama calon Menteri Keuangan tersebut bisa saja berubah sepenuhnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com