JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Banjir Bululondong Kecamatan Lamasi Luwu Dipicu Hujan 10 Jam hingga Tanggul Sungai Jebol

Banjir
Petugas dan relawan mengevakuasi warga terdampak banjir Bululondong Kecamatan Lamasi Luwu Sulsel. Dok. BPBD Luwu
   

LUWU, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana hidrometeorologi berupa banjir Bululondong Kecamatan Lamasi Luwu Sulawesi Selatan, dipicu hujan deras dengan durasi lama.

Hujan deras dengan durasi lama mengakibatkan tanggul sungai jebol.

Peristiwa banjir Bululondong Kecamatan Lamasi Luwu terjadi Selasa (23/4) pukul 03.00 WITA.

“(Banjir Bululondong Kecamatan Lamasi Luwu)dipicu hujan lebat selama 10 jam hingga membuat tanggul sungai jebol serta meluapnya air. Dampaknya merendam akses jalan dan pemukiman warga di dua dusun di Desa To’lemo dan dan satu dusun di Desa Bululondong di Kecamatan Lamasi,” ujar
Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga :  Nadiem Makarim Berjanji Akan Hentikan Kenaikan UKT Yang Tak Wajar

Berdasarkan informasi dari BPBD Luwu banjir setinggi 50 sentimeter merendam 55 unit rumah di Desa To’lemo, dan 67 unit rumah di Desa Bululondong. Sejumlah perkebunan warga, akses jalan utama Kecamatan Lamasi, Kantor Camat Lamasi dan gereja Adven terendam.

Tercatat warga terdampak di 2 desa kecamatan Lamasi sebanyak 100 Kepala Keluarga. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

BPBD Luwu dalam penanganan banjir melakukan kaji cepat dan pertolongan kepada warga terdampak. Informasi dari BPBD Luwu Kamis,(25/4) kondisi banjir berangsur surut.

Baca Juga :  Drone yang Intai Kejagung Disebut-sebut Milik Warga yang Bikin Konten, Ini Reaksi Kejagung dan Polri

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika untuk wilayah Kabupaten Luwu pada Jumat (26/4) kondisi cuaca pagi hingga siang berawan, sedangkan sore hingga malam hujan. Sementara kondisi cuaca pada Sabtu (27/4) kondisi cuaca pada siang berawan, saat sore hingga malam hujan.

Antisipasi banjir susulan karena faktor cuaca BNPB menghimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar waspada bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari 1 jam terutama bagi masyarakat tinggal di daerah rawan banjir agar segera melakukan evakuasi mandiri ke daerah yang lebih aman. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com