JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Korsleting Saluran Freon AC, Bus PO Haryanto Ludes Terbakar, 10 Penumpang Selamat

Bus jurusan Yogyakarta - Pati terbakar di Ring Road Barat Sleman Yogyakarta pada Kamis (18/4/2024) | tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bus PO Haryanto Jurusan Yogyakarta-Pati ludes terbakar di Simpang Empat Demak Ijo, Ring Road Barat, Gamping, Sleman, Yogyakarta, pada Kamis (18/4/2024) pagi.

Bus tersebut diketahui dalam perjalanan dari Terminal Induk Giwangan Yogyakarta menuju Pati, Jawa Tengah. Bus bernomor polisi K 7096 OB itu membawa sedikitnya 10 penumpang.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Sleman Komisaris Polisi Andhies Fitriya Utomo.

Temuan sementara kepolisian, komponen yang pertama kali terbakar dari bus itu diduga di bagian mesin.

Kepala Unit Penegakkan Hukum Satlantas Polresta Sleman Inspektur Satu Catur Bowo Laksono menuturkan, dari keterangan sopir, sudah ada indikasi mengarah korsleting saluran freon air conditioner (AC) bus itu.

Baca Juga :  Penyakit DBD di Gunungkidul Tembus 83 Kasus, 4 Orang Meninggal Dunia

Selanjutnya menimbulkan percikan api dan mengepulkan asap. Api lalu membesar dari bagian belakang menuju depan.

“Kerugian ditaksir Rp 460 juta,” kata Catur.

Dari kronologi yang dihimpun dan keterangan saksi di lokasi, bus yang membawa delapan penumpang dewasa dan dua penumpang anak-anak itu awalnya melaju dari arah barat di Ring Road Barat sekitar pukul 06.00 WIB.

Sesampainya di Simpang Empat Demak Ijo, saat lampu trafik berwarna merah, bus ikut berhenti di antrean paling depan. Saat lampu lalu lintas menyala hijau, bus tampak berjalan normal.

Namun, baru sekitar 500 meter berjalan, tiba tiba supir dan kernet melihat asap putih keluar dari arah mesin yang berada di bagian belakang bus.

Spontan sopir bus menepikan dan memberhentikan bus itu lalu meminta seluruh penumpang keluar untuk tindakan antisipasi. Semua barang bawaan penumpang juga telah berhasil diselamatkan.

Baca Juga :  Nenek 79 Tahun Warga Kulonprogo Ini Dikibuli 2 Orang Asing di Rumahnya Hingga Kehilangan Rp 10 Juta

Tak berselang lama setelah penumpang keluar, asap dari bagian mesin mengeluarkan percikan api dan mulai membakar bodi bus.

Supir dan kernet serta dibantu penumpang berupaya memadamkan api secara manual namun api terlalu besar. Dari bagian belakang api lalu melalap semua bagian dalam bus hingga ke depan.

Baru saat dua unit mobil pemadam kebakaran tiba, api mulai dapat dipadamkan. Namun separuh lebih bus itu telah terbakar, hanya menyisakan kerangka bagian atas dan bodi bawah bus yang tampak utuh. Sekitar pukul 10.00 WIB bus itu pun diderek dari lokasi kejadian dan para penumpang dialihkan dengan bus lain.   

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com