JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bahaya dan Manfaat Minum Es Saat Musim Kemarau, dari Bikin Pilek hingga Ringankan Nyeri

Es
Ilustrasi es teh. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Musim kemarau identik dengan cuaca panas yang terik. Rasa haus pun kerap melanda, sehingga banyak orang yang memilih untuk minum es untuk menyegarkan diri.

Namun, tahukah Anda bahwa minum es saat musim kemarau tidak selalu baik untuk kesehatan? Berikut ini adalah beberapa bahaya dan manfaat minum es saat musim kemarau:

Bahaya Minum Es Saat Musim Kemarau:

1. Menyebabkan sakit tenggorokan dan pilek Perubahan suhu yang drastis dari panas ke dingin dapat menyebabkan kontraksi pembuluh darah di tenggorokan, sehingga memicu peradangan dan rasa sakit. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena sakit tenggorokan dan pilek.

2. Mengganggu pencernaan
Minum es dapat memperlambat proses pencernaan makanan. Hal ini karena air dingin dapat menghambat kerja enzim pencernaan, sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

3. Memicu sakit kepala
Bagi sebagian orang, minum es dapat memicu sakit kepala, terutama bagi mereka yang menderita migrain. Rasa dingin pada es dapat menyebabkan pembuluh darah di kepala menyempit, sehingga memicu rasa sakit.

Baca Juga :  Geger, Rumah Dibakar Massa di Setren Slogohimo Wonogiri

4. Menurunkan daya tahan tubuh
Minum es secara berlebihan dapat menurunkan suhu tubuh, sehingga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih mudah terkena penyakit.

5. Merusak gigi
Minum es, terutama yang mengandung gula, dapat merusak gigi. Gula dan asam dalam minuman dingin dapat mengikis enamel gigi, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan dan gigi berlubang.

Manfaat Minum Es Saat Musim Kemarau:

1. Menyegarkan tubuh
Minum es dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan memberikan sensasi segar saat cuaca panas.

2. Mencegah dehidrasi
Dehidrasi merupakan risiko yang lebih besar saat musim kemarau. Minum es dapat membantu Anda tetap terhidrasi, meskipun rasa haus mungkin tidak terasa sekuat saat minum air putih biasa.

3. Meningkatkan performa olahraga
Minum es sebelum atau selama berolahraga dapat membantu meningkatkan performa dan daya tahan tubuh. Hal ini karena air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan mencegah hipertermia.

4. Meringankan nyeri
Minum es dapat membantu meredakan nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri otot. Sensasi dingin pada es dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Baca Juga :  Fakta Bukan Hoax! Terjadi di Jeblogan Karangtengah Wonogiri Perhelatan yang Sederhana Namun Bermakna

Tips Minum Es Saat Musim Kemarau:

1. Minumlah es secukupnya
Jangan berlebihan dalam minum es, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

2. Pilihlah es yang terbuat dari air putih matang.
Hindari minuman es yang mengandung banyak gula dan pemanis buatan.

3. Minumlah es secara perlahan
Jangan langsung menenggak es dalam jumlah banyak. Minumlah secara perlahan agar tubuh tidak kaget dengan perubahan suhu yang drastis.

4. Perhatikan kondisi kesehatan Anda
Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti sakit tenggorokan, pilek, atau migrain, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum minum es.

Kesimpulan:

Minum es saat musim kemarau tidak selalu berbahaya, asalkan dilakukan dengan secukupnya dan memperhatikan beberapa tips di atas. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Minum air putih biasa masih merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat musim kemarau. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com