JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Lima Kali Alami Gempa Tremor, BPBD Sleman Pastikan Suasana Aman

Ilustrasi luncuran lava pijar Guung Merapi / tribunnews
   

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pasca hujan yang cukup intensif pada Jumat (24/5/2024) pagi, Gunung Merapi mengalami lima kali gempa tremor sampai dengan siang harinya.

Gempa yang mengindikasikan adanya aktivitas vulkanik tersebut terjadi mulai pukul 14.07 WIB.

Jika tekanan gas terakumulasi, berpotensi terjadi erupsi freatik atau dapat mendorong kubah lava barat daya maupun tengah kawah sehingga menimbulkan awanpanas guguran di daerah potensi bahaya.

Terkait dengan kejadian tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan mengatakan situasi di seputar Gunung Merapi wilayah Sleman saat ini relatif aman terkendali.

Baca Juga :  Kaum Buruh di Jogja Siap Turun ke Jalan Tolak Tapera

Aktivitas vulkanis Merapi masih terkendali dalam zona bahaya yang direkomendasikan BPPTKG. Kendati demikian, hujan abu perlu diwaspadai.

“Diwaspadai hujan abu vulkanik yang terbawa angin sampai jauh. Warga tetap waspada. Update info terkini mandali (aman terkendali),” kata Makwan, dihubungi Jumat (24/5/2024).

Masyarakat diimbau agar tetap menjauhi daerah potensi bahaya yang direkomendasikan. Yaitu di sepanjang sungai Bebeng atau Krasak sejauh 7 kilometer, Kali Boyong, Kali Kuning dan Kali Gendol sejauh 5 kilometer.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro menambahkan, pihaknya terus memonitor situasi dan perkembangan dari gunung Merapi.

Baca Juga :  Kasus Peredaran Narkoba di Yogyakarta, Tersangka Gunakan Kamus Sebagai Modus

Dengan situasi saat ini, Ia meminta masyarakat tetap waspada dan mentaati semua aktivitas di zona aman yang telah direkomendasikan oleh BPPTKG. Situasi saat ini relatif aman namun tetap perlu diwaspadai. Termasuk mewaspadai situasi yang terburuk.

“Kita sudah ada 12 barak (pengungsian). Kita juga ada barak lain berupa gedung SD, SMP aula Balai Desa dengan sistem sister village. Ini sudah siap 24 lokasi. Termasuk masker kita juga sudah tersedia sekira 15 ribu pic,” ujar Bambang.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com