JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sensasi Gurih Garengpung Goreng, Kuliner Ekstrim dari Wonogiri

Garengpung
Garengpung kuliner ekstrim dari Wonogiri selatan dan sekitarnya. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bagi para pecinta kuliner ekstrim, Wonogiri punya hidangan spesial yang tak boleh dilewatkan: Garengpung goreng.

Serangga mungil ini tak hanya menawarkan rasa gurih yang unik, namun juga diklaim lebih gurih dibandingkan belalang.

Di wilayah Wonogiri selatan, garengpung biasanya diolah dengan cara bacem goreng. Bumbu yang digunakan terdiri dari ketumbar, bawang putih, garam, dan gula Jawa, tanpa kecap.

Kemudian, gareng diolah sebagaimana membuat tempe atau tahu bacem. Selanjutnya garengpung digoreng hingga garing untuk menghasilkan tekstur kriuk yang menggoda.

Baca Juga :  Melihat dari Dekat Perayaan Waisak di Kabupaten Ujung Tenggara Jateng, Wonogiri

Salah satu pengepul garengpung di Wonogiri, Widiastuti, mengungkapkan bahwa saat ini harga garengpung mentah mencapai Rp20.000 untuk 50 ekor. Perempuan yang akrab disapa Dias ini mengaku menyediakan garengpung mentah, namun belum melayani pembelian garengpung matang.

Garengpung dapat ditemukan di pohon-pohon di daerah Kajor Sambiharjo Paranggupito, Wonogiri, terutama di pohon pete. Menurut Widiastuti, rasa garengpung sangat gurih, bahkan lebih gurih dibandingkan belalang.

“Bagi yang ingin mencicipi sensasi gurih garengpung goreng, perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan kesegaran garengpung yang diolah. Jadi garengpung yang dikirimkan nanti masih fresh,” ungkap Dias, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga :  Membongkar Bisnis Event Lari, Untung Gede, Lengkap dengan Contoh Perhitungan Keuangannya

Proses pencarian garengpung di Wonogiri selatan terbilang unik. Warga setempat menggunakan bantuan kayu dan lem atau perekat untuk menjebak garengpung. Lem alami dari getah buah nangka sering digunakan sebagai perekat.

“Kegiatan pencarian garengpung biasanya dimulai pada jam 9 pagi dan berakhir sekitar jam 2 siang,” beber Dias.

Bagi para penjelajah kuliner ekstrim, garengpung goreng patut dicoba sebagai hidangan istimewa khas Wonogiri. Sensasi gurihnya yang unik dan teksturnya yang kriuk dijamin akan meninggalkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com