JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Pramuka Boyolali Bagikan 5.000 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk ke Warga

Pramuka Boyolali saat menyerahkan bantuan berupa tim gabungan di Banyudono, Boyolali / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Upaya mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan mitigasi terhadap penularan wabah DBD terus dilakukan Gerakan Pramuka Kwarcab Boyolali.

Ya, bersama Dinkes Boyolali, Pramuka bagi- bagi benih ikan pemakan jentik nyamuk.

Total ada 5.000 ekor ikan yang dibagikan kepada warga. Mereka ini tersebar di tujuh Kecamatan. Yaitu Kecamatan Banyudono, Teras, Mojosongo, Boyolali Kota, Karanggede, Kecamatan Ampel dan Kecamatan Selo.

Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana didampingi Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, Kak Eksani menjelaskan, dipilihnya ketujuh kecamatan tersebut karena meningkatnya kasus DBD di daerah tersebut.

Baca Juga :  Ini Langkah Pemkab Boyolali untuk Dorong Kemajuan Bumdes

“Harapannya, ikan- ikan dipelihara untuk memakan jentik nyamuk. Sehingga jentik tak bisa berkembang menjadi nyamuk dewasa,” katanya, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan ikanisasi mendapat sambutan positif masyarakat. Seperti dikemukakan Dwi Suryani, bidan desa Puskesmas Teras. Dia berharap, dengan adanya kegiatan pemeliharaan ikan maka nyamuk penyebar DBD pun berkurang drastis.

“Pasalnya, jentik nyamuk sudah dimakan ikan.”

Senada, Ketua Kwarran Teras, Kak Sutarmin, menjelaskan, ada tiga desa yang mendapatkan ikanisasi. Yaitu, Desa Mojolegi, Desa Teras dan Desa Gumukrejo.

Baca Juga :  Gaet Pemilih Muda, Relawan Cabup Boyolali drg Fauzan Gelar Tour de Dieng

“Kwarran Teras menerjunkan 15 anggota Pramuka Penegak dan sejumlah pembina Pramuka dari SMAN 1 Teras untuk membagikan ikan langsung kepada warga.”

Sunarti (60) warga yang mendapat bantuan ikan pemakan jentik nyamuk, juga mengaku senang.

“Kemarin sempat ada yang kena DBD, namun bisa sembuh. Semoga dengan adanya ikanisasi ini bisa mencegah penyebaran DBD. Terimakasih atas bantuannya.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com