JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap Sederet Manfaat Kursus Mahir Dasar atau KMD Pramuka, Dari Bikin Tambah PD hingga Kurangi Stres

Pramuka
Pelaksanaan Kursus Mahir Dasar atau KMD Pramuka di SMPN 3 Selogiri Wonogiri. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berikut ini sederet manfaat KMD atau Kursus Mahir Dasar Pramuka. Selain meningkatkan ketrampilan dan wawasan, KMD Pramuka bisa menambah rasa PD (percaya diri) hingga mengurangi stres.

Manfaat KMD Pramuka ini terungkap saat tanggal 26-28 Mei 2024 dan 31 Mei-2 Juni 2024, Kwartir Ranting Selogiri menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar atau KMD Pramuka diikuti para guru se-Kecamatan Selogiri di SMPN 3 Selogiri Wonogiri. Kegiatan dihadiri Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wonogiri Kak Suprapto dan Ketua Mabiran Kak Sigit Purwanto beserta jajaran Forkompimcam Selogiri .

KMD adalah program pelatihan dasar bagi pembina pramuka untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar dalam mengelola kegiatan pramuka di sekolah. KMD dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang mengedepankan prinsip-prinsip kepramukaan seperti gotong royong, kemandirian, dan kedisiplinan.

KMD ini bertujuan menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina pramuka atas dasar kode kehormatan. Selanjutnya membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat Wonogiri, Mubarok jadi Staf Ahli Bupati Kurnia Listyarini Jabat Kepala Dinas PPKBP3A

Selama kursus berlangsung, peserta tidak hanya mengikuti sesi teori di dalam ruangan, tetapi juga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan praktik di luar ruangan. Mereka berlatih berbagai keterampilan seperti mendirikan tenda, tali-temali, hingga membuat berbagai macam pioneering.

Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada para peserta dan meningkatkan pemahaman mereka tentang kepramukaan.

Peserta KMD, mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. Mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi mengalami peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan bekerja sama dalam tim. Selain itu, kegiatan di alam terbuka juga membantu mengurangi stres dan mempererat hubungan antar peserta.

Baca Juga :  Parade Seni Budaya Meriahkan Pelapasan Siswa SMPN 2 Wonogiri, Mulai Pantomim hingga Tari Blarak

Ketua Panitia KMD Kak Harjoko menerangkan kegiatan ini sangat penting untuk mendukung program ekstrakurikuler di sekolah-sekolah.

“Dengan mengikuti KMD, para peserta diharapkan mampu menjadi pembina Pramuka yang handal dan dapat menularkan semangat kepramukaan kepada siswa-siswa mereka,” ujar Kak Harjoko.

Kak Harjoko  berharap setelah mengikuti KMD, para guru dan siswa dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dalam kegiatan pramuka di sekolah sehari-hari.

Diharapkan pembina Pramuka semakin siap dalam melaksanakan kegiatan pramuka yang lebih berkualitas, membentuk karakter siswa yang unggul, dan mempersiapkan generasi muda yang tangguh dan berintegritas.

Salah satu peserta dari SMPN 2 Selogiri Wonogiri Kak Riana menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Dia merasa lebih siap dan termotivasi untuk membimbing siswa dalam kegiatan pramuka. Selain itu, pengalaman ini juga menambah wawasan dan keterampilan sebagai seorang pendidik. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com