JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Diwarnai Tangis Haru Orang Tua Murid, 354 Siswa Taruna SMK Negeri 1 Plupuh Sragen Sukses Dilantik

SMKN 1 Plupuh Sragen melantik 354 Siswa Taruna Angkatan pertama. Pelantikan ini bersamaan dengan 'Panen Raya Karya Siswa' SMKN 1 Plupuh, di Lapangan Widoro Sakti Desa Sambirejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Selasa (11/6/2024). Huri Yanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM SMKN 1 Plupuh Sragen melantik 354 Siswa Taruna Angkatan pertama. Pelantikan ini bersamaan dengan ‘Panen Raya Karya Siswa’ SMKN 1 Plupuh, di Lapangan Widoro Sakti Desa Sambirejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Selasa (11/6/2024).

Pelantikan ini berlangsung dalam suasana haru, diawali dengan upacara pelantikan. Dimana secara simbolis Wakil Bupati Sragen H.Suroto menyiram air kembang kepada salah satu Siswa-siswi Taruna didampingi Forkompincam Plupuh dan Kepala SMKN 1 Plupuh Sri Eka Lelana.

Acara kemudian dilanjutkan dengan unjuk kebolehan Pelatihan Baris-berbaris (PBB), seni bela diri hasil Pendampingan Koramil Plupuh, Kodim 0725 Sragen.

Momentum mengharukan ketika orang tua murid diberikan kesempatan untuk mencari masing-masing putra putrinya di tengah lapangan.

Suasana mengharukan ketika wali murid bertemu putra putri Taruna SMKN Plupuh. Bahkan tak sedikit mereka berpelukan sampai nangis bareng disertai mencium kaki bapak/ibu.

SMKN 1 Plupuh Sragen melantik 354 Siswa Taruna Angkatan pertama. Pelantikan ini bersamaan dengan ‘Panen Raya Karya Siswa’ SMKN 1 Plupuh, di Lapangan Widoro Sakti Desa Sambirejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Selasa (11/6/2024). Huri Yanto

Kepala SMKN 1 Plupuh Sri Eka Lelana mengatakan Pelantikan Taruna Angkatan ini merupakan angkatan pertama. Pelantikan dilangsungkan kegiatan Panen Raya Hasil Karya Siswa.

Baca Juga :  Kronologi Kecelakaan Bus Rombongan PKK Asal Sidoharjo Sragen di Ngargoyoso Karanganyar, Ini Kata Camat !

“Kegiatan pagi ini adalah Pelantikan Taruna Angkatan Pertama sekaligus panen raya hasil karya siswa. Ini hasil inovasi kreatif dari guru dan siswa kita pemerkan,” kata Sri Eka Lelana alias Sella pada JOGLOSEMARNEWS.COM

Pihaknya mempertunjukkan hasil pembelajaran yang dilakukan SMKN 1 Plupuh di hadapan wali murid. Mulai dari upacara pelantikan Siswa Taruna berbagai demontrasi mewakili beberapa kegiatan pendidikan seperti aksi bela diri dan PBB.

Kemudian di tribun juga dipamerkan produk kreatif dari beberapa mata pelajaran yang berbasis berkonsep. Seperti pameran lukisan, pameran bunga artificial, pameran kursi ban, market day, bazar UMKM hingga membatik dengan canting elektrik.

Pria yang akrab disapa Sella itu mengatakan, sengaja menghadirkan wali murid ke acara ini untuk membangun komunikasi positif.

“Kita menghadirkan orang tua siswa untuk membangun komunikasi, bahwa pendidikan di sekolah itu seperti apa, sehingga memunculkan produk yang dihasilkan. Ini harapnya orang tua memberikan pengakuan bahwa pendidikan SMK Plupuh itu sudah baik,” katanya.

Baca Juga :  Breaking News: Kecelakaan Bus Rombongan Ibu Ibu PKK Asal Sragen di Ngargoyoso Karanganyar

Wakil Bupati Sragen H Suroto mengaku terpukau dengan aksi yang dipersembahkan siswa SMKN 1 Plupuh. Baik PBB, seni bela diri sampai dengan karya-karya yang layak mendapatkan penghargaan dari masyarakat.

Menurutnya apa yang telah diberikan kepada pelajar ini menjadi modal untuk menuju ke jenjang selanjutnya. Bahkan Wabub Sragen mengapresiasi langkah sekolah yang melakukan pendidikan tambahan untuk memperkuat karakter anak.

“SMK 1 Plupuh dalam hal ini 3 tahun lebih (menjadi Wabub Sragen) baru ada event Pelantikan Siswa Taruna yang akan memasuki jenjang selanjutnya. Taruna ini kerjasama dengan TNI wilayah kecamatan untuk mendidik anak cucu kita. Seperti PBB, Kedisiplinan, (bahaya) sex bebas, narkoba itulah pondasi terhadap anak cucu kita mulai masuk kedewasaan,” ujarnya. Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com