26 C
Surakarta
Senin, 18 November 2019
JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional Ini Dia Mitos-mitos Tentang Gerhana Bulan

Ini Dia Mitos-mitos Tentang Gerhana Bulan

- Advertisement -

loading...
Loading...

Ilustrasi

Nanti malam bakal terjadi fenomena alam yang langka, yakni gerhana bulan. Meski itu merupakan fenomena alam yang rasional, namun ada mitos-mitos yang melingkupi seputar fenomena yang satu ini. Apa saja mitos tersebut?

 

Mitos Tentang Tuhan yang Sedang Marah

Mitos ini berkembang di Bangsa Yunani Kuno. Masyarakat di sana memercayai jika datangnya gerhana bulan itu merupakan pertanda bahwa  Tuhan sedang marah,  dan itu merupakan awal dari sebuah bencana besar.

Kata gerhana (eclipse) sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno “ekleipsis” yang memiliki arti ditinggalkan.

 

Mitos Tentang Bulan sedang Terluka

Beda lagi dengan yang dipercaya oleh suku Hupa di bagian utara California. Gerhana bulan disebut-sebut sebagai tanda jika bulan sedang terluka. Suku Hupa meyakini kalau bulan memiliki 20 isteri dan banyak hewan peliharaan buas seperti singa dan ular.

Baca Juga :  Pria Ini Tikam Mati Istrinya Karena Maniak Bintang Film Bollywood, Lalu Tewas Gantung Diri

Konon ketika bulan telat memberi makan hewan peliharaannya, mereka akan menyerang bulan hingga membuatnya berdarah. Kemudian, para istri menolong bulan dan melindungi dari serangan hewan peliharaannya.

 

Mitos tentang Makanan yang Terpapar Racun

Mitos ini berkembang di masyarakat Jepang. Secanggih apapun sebuah negara, ternyata Masyarakat di Jepang masih percaya tentang mitos gerhana bulan total. Sewaktu terjadi gerhana bulan total, ada racun yang disebarkan ke bumi. Makanya mereka menutup sumur-sumur atau sumber air lain supaya tidak terkontaminasi racun.

Mitos tentang Bulan yang Dimakan Naga

Mitos ini berkembang di masyarakat Cina. Masyarakat di sana  meyakini, gerhana bulan total terjadi, disebabkan oleh seekor naga yang marah dan memakan bulan. Lalu para warga akan menyalakan petasan untuk mengusir naga tersebut.

Baca Juga :  Arkeolog Peru Berhasil Temukan Kuil Para Penyembah Air Berusia 3000 Tahun

Nah, bagaimana dengan masyarakat Jawa?

Mitos tentang Bulan Dimakan Batara Kala

Mitos gerhana bulan di masyarakat Jawa ini ternyata mirip-mirip dengan mitos di negeri China. Yang menggambarkan bulan sebagai objek penderita. Masyarakat Jawa percaya jika momen gerhana bulan total merupakan  pertanda datangnya Batara Kala. Momen di mana bulan perlahan menghilang, adalah peristiwa raksasa Batara Kala tengah memakan bulan.

Karena itu, untuk mengusir Batara Kala, para penduduk kemudian menabuh lumpang (tempat penumbuk dari besi) dengan maksud menakuti Batara Kala.

Nah, percayakah Anda akan mitos-mitos yang mengiringi gerhana bulan ini? Keputusan ditangan Anda….. (dari berbagai sumber)

Loading...

Kontak Informasi Joglosemarnews.com :
Redaksi : [email protected]
Promosi : [email protected]
Kontak : [email protected]

- Advertisment -

Most Popular

Densus 88 Ringkus dan Geledah Rumah Suyono Warga Cilacap, 5 HP, Buku dan Laptop Diamankan

CILACAP, JOGLOSEMARNEWS.COM - Puluhan personel Densus 88 Antiteror menangkap dan menggeledah rumah Suyono (31), warga Dusun Tritih, Desa Danasri Lor, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (17/11/2019). Bersama itu,...

Penyakit Jantung Kumat, Batik Air Terpaksa Mendarat Darurat di El Tari

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM - Gara-gara pilot pingsan mendadak, pesawat Batik Air seri A- 320 dengan Nomor penerbangan ID 6548 tujuan Jakarta-Kupang melakukan pendaratan darurat di Bandara El-Tari...

Ringsek, Begini Penampakan Truk New Widuri Yang Masuk Jurang Tewaskan 1 Orang di Tangen Sragen. Bagian Belakang Ada Tulisan Menyentuh! 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Kecelakaan maut truk masuk jurang yang terjadi di jalur Tangen, tepatnya di Desa Katelan, Tangen, pekan lalu menyisakan cerita pilu. Truk bertuliskan New...

Pengedar Pil Koplo Asal Karang Jompo Digerebek Polisi. Diamankan Pil Jenis Riklona dan Aprazolam 

PEKALONGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM– Satuan Reserse dan Narkoba, Polres Pekalongan Kota berhasil mengungkap kasus kepemilikan obat psikotropika jenis Riklona dan Alprazolam. Polisi membekuk pengedar muda berinisial MB...

Recent Comments