loading...


Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat mencanangkan penanaman bunga sakura di bukit wisata Tlogodringo, Gondosuli, Tawangmangu. Foto/Dok Humas

KARANGANYAR–  Bunga sakura selama ini memang menjadi identik ada di negara Jepang. Namun, untuk melihat keindahan bunga itu,  kini tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang.

Sebab di Kabupaten Karanganyar,  tepatnya di Tawangmangu, sudah ada destinasi bukit yang dipenuhi dengan pemandangan bunga Sakura. Ya, kehadiran bunga sakura yang bakal menjadi destinasi wisata baru itu sudah resmi dicanangkan Sabtu (27/1/2018).

Taman sakura itu diresmikan di Bukit Taman Wisata, Dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar menyambut baik penanaman pohon sakura di areal pendakian Cemoro Kandang, Kalisoro, Tawangmangu Karanganyar. Sebab diplomasi dengan menggunakan tanaman sudah dilakukan sejak dahulu.

Terbukti, Presiden pertama Ir Soekarno menaman tanaman di Arab Saudi dan disebut tanaman Soekarno. Saat ini, diplomasi tanaman masih dipergunakan untuk diplomasi.

Baca Juga :  Terciduk Polisi, Pengemudi Gagal Ngedrift di Tikungan Sarangan Sempat Akting Berbohong. Ngakunya Rem Blong, Ternyata...

“Diplomasi tanaman masih kita lakukan hari ini. Namun paling tidak spirit untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman,” papar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan.

Pihaknya berharap keindahaan di Jepang itu suatu saat ini akan berada di Tawangmangu. Orang nomor satu di Jawa Tengah itu berpesan kepada yang merawat untuk tetap memberikan pemandangan yang bagus.

“Kebersihan dan tempat harus dijaga dengan baik. Sehingga jika ada yang selfi itu benar-benar indah,” imbuhnya.

Sementara Minister Deputy Chief Of Mission Embassy Of Japan di Indonesia, Mr Kozo Honsai sangat senang dengan penanaman tanaman sakura di Tawangmangu. Sekaligus penanaman ini sebagai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia.

Baca Juga :  Hujan Tangis Iringi Kedatangan Jenazah TKI Karanganyar Yang Tewas di Laut Korea Selatan. Pemakaman di Kemuning Ngargoyoso

“Semoga penanaman bunga sakura ini semakin memperkuat hubungan baik antara Indonesia dan Jepang. Hari ini 60 tanaman sakura akan ditanam di tempat ini,” ujar Mr Kozo.

Dia menambahkan penanaman prakarsa dari Toyota. Sebab perusahaan mobil terbesar di Indonesia ini sudah mampu menjual 370 ribu di tahun 2017. Perusahaan ini juga berkembang pesat. Pihaknya tetap berharap penjualan mobil ini semakin baik.

Sementara Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan program penanaman pohon sakura ini merupakan program Toyota Forest.

Program tersebut menunjukkan komitmen penghijauan dengan membangun Bukit Taman Wisata. Pihaknya berharap ke depannya lokasi penanaman pohon sakura dapat dikembangkan sebagai objek wisata yang unik di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Terungkap, Misteri Pengemudi Mazda Ijo Yang Gagal Ngedrift dan Hancur Gasak Warung di Sarangan. Ternyata Anak Tasikmadu.. 

Luas lahan Perhutani yang ditujukan untuk bukit taman wisata seluas 1,2 hektar dari rencana 5 hektar dalam lima tahun.

“Selanjutnya hingga bulan Maret 2018, Toyota Indonesia akan menanam kembali 40 pohon sakura,” imbuhnya. Wardoyo

Loading...